ROMA – Debut Zinedine Zidane sebagai pelatih di kancah Liga Champions berakhir dengan manis.

Itu terjadi usai timnya, Real Madrid menang dalam 16 Besar Champions League, di markas AS Roma, Stadion Olimpico, Kamis (18/2) pagi WIB.

Tim tamu awalnya kesulitan membongkar pertahanan AS Roma yang hanya memasang dua pemain bertipe menyerang, Mohamed Salah dan Stephan El Shaarawy di line up.

Dua tim akhirnya berbagi skor kacamata hingga turun minum.

Baru di babak kedua, Madrid mulai menemukan irama enak. Bermain lebih cepat dan tidak terlalu lama mengutak atik bola.

Gol yang ditunggu Madrid pun lahir pada menit 57. Umpan terobosan Marcelo kepada Cristiano Ronaldo, diselesaikan dengan baik oleh CR7. 1-0, El Real memimpin.

Usai gol tersebut, laga baru berjalan lebih menarik. AS Roma pun tak mau dipermalukan begitu saja di rumahnya. Pasukan racikan Luciano Spalletti mulai berani menyerang.

Edin Dzeko masuk menggantikan El Shaarawy. Namun Madrid justru mempertebal keunggulan, usai penetrasi Jese Rodriguez, yang baru 4 menit masuk menggantikan James Rodriguez, mencetak gol di menit 86. Skor 0-2 untuk Madrid, bertahan hingga duel tuntas.

Kemenangan away dengan dua gol tanpa balas ini, menjadi modal penting buat Madrid melakoni leg kedua di Santiago Bernabeu awal bulan depan.

Ya, Madrid bisa dibilang sudah menjejakkan satu kakinya di perempatfinal Liga Champions. Andaipun kalah, namun hanya dengan selisih satu gol di Bernabeu, Madrid tetap berhak lolos.(adk/jpnn)