Mahasiswa dan Warga Leuwidamar Desak Perbaikan Jalan

LEBAK – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) bersama masyarakat Kecamatan Leuwidamar menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor DPRD Kabupaten Lebak, Senin (12/2).

Unjuk rasa tersebut bertujuan untuk mendesak pemerintah dan wakil rakyat untuk melihat langsung betapa hancurnya jalan Rangkasbitung-Leuwidamar yang merupakan akses utama menuju destinasi wisata budaya Baduy.

Korlap aksi Endang mengatakan, jalan Rangkasbitung – Leuwidamar saat ini kondisinya rusak berat, melihat jalan tersebut sudah tidak layak dilalui kendaraan kecil.

“Ini sangat memprihatikan, jalan akses utama ke tempat wisata Baduy yang merupakan ikon Kabupaten Lebak rusak parah,” tegas Endang dalam orasinya.

Rusaknya jalan tersebut dinilai dapat menghambat pertumbuhan ekonomi warga sekitar dan warga lainnya yang menggunakan jalan tersebut.

“Kita berharap pemerintah segera mempercepat pembangunan jalan tersebut. Lantaran jalan tersebut sudah mendesak untuk diperbaiki. Banyak kecelakaan yang terjadi di jalan utama menuju ke Baduy itu,” katanya.

Lebih lanjut Endang menuturkan, rusaknya jalan tersebut juga ditunjang oleh kendaraan overtonase yang selalu melintas melenggang melewati jalan Rangkasbitung-Leuwidamar.

Gimana tidak rusak parah, kendaraan overtonase terlihat sering beroperasi di jalan tersebut. Melihat seperti itu, minimnya pengawasan pemerintah Kabupaten Lebak dalam menegakkan peraturan,” ujarnya.

Sementara itu, warga Kecamatan Leuwidamar Roni mengatakan, dalam kondisi musim hujan saat ini, jalan Rangkasbitung-Leuwdamar selalu digenangi air dengan jalan berlubang yang cukup besar.

“Jalan rusak ratusan meter, padahal jalan itu adalah akses utama ke Baduy. Jika curah hujan cukup tinggi, jalan kaya kubangan kerbau, persis seperti itu. Saya harap pemerintah tidak buta melihat jalan tersebut,” tegasnya.

Terpisah, Kabag Kesra Setda Lebak Juanda yang menemui pendemo mengatakan, dirinya akan menyampaikan aspirasi masyarakat ini ke atasan dan dinas terkait.

“Saya akan sampaikan aspirasi teman-teman ke dinas terkait agar cepat direalisasikan,” katanya. (Omat/twokhe@gmail.com)