Suasana university day out di halaman Masjid Raya Al-Bantani, Kota Serang. Foto : Bayu

SERANG – Sejumlah mahasiswa asal Provinsi Banten dari 23 perguruan tinggi seluruh Indonesia menggelar University Day Out (UDO) di lapangan Masjid Raya Al-Bantani, Curug, Kota Serang, Minggu (17/1/2016). Acara tersebut digelar untuk mempromosikan perguruan tinggi masing-masing dan memotivasi siswa agar melanjutkan pendidikan ke jenjang yang  lebih tinggi.

Ketua Panitia UDO Arjuna mengatakan, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Banten, angka partisipasi pendidikan cuma 17,73 persen di umur 19-24 tahun. Mahasiswa menilai angka tersebut masih kecil.

“Dari hasil riset kecil-kecilan kami, kesadaran untuk pendidikan agak susah, dari segi motivasi kurang dan informasi kurang, kami perkirakan beberapa alasan kenapa angka partisipasi pendidikan di Banten masih rendah,” papar Arjuna di sela-sela UDO.

Pantauan Radar Banten Online di lokasi kegiatan, sejumlah dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Indonesia (UI), Institut Tekhnologi Bandung (ITB), Universitas Lampung (Unila), Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Unisversitas Sriwijaya (Unsri), Institut Pertanian Bogor, dan sejumlah universitas lainnya membuka stand mempromosikan kampusnya masing-masing.

Sejumlah mahasiswa dari kampus-kampus tersebut pun terlihat berlomba-lomba menjelaskan kampus mereka ke sejumlah pengunjung. Mereka juga menjual sejumlah pernak-pernik.

“Kita berharap, dengan adanya acara ini banyak yang melanjutkan sekolah. Ada tiga acara, pertama road show ke 60 SMA di Banten, special student (SS) di isi sama try out buat nyari siswa di Banten yang punya akademik bagus tapi terbentur dengan biaya. Jadi kita kasih beasiswa. Terus maint event yang sekarang ini,” ujarnya. (Bayu)