Mahasiswa Desak Pembangunan SDN 15 Kota Tangerang

0
124 views
Mahasiswa menggelar aksi di depan Puspem Kota Tangerang, Rabu (7/8). Mereka mendesak SDN 15 Tangerang segera dibangun. Foto Hairul Alwan/Radar Banten

TANGERANG – Belasan anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menggelar aksi di depan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Rabu (7/8). Massa aksi meminta Pemkot Tangerang segera membangun SDN 15 Kota Tangerang.

Ketua HMI Cabang Tangerang Raya Anov Rezando mengatakan, gedung SDN 15 Kota Tangerang saat ini menumpang di SDN 4 dan 5 Kota Tangerang yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Cikokol. Kondisi dua sekolah yang ditumpangi itu saat ini dalam kondisi memprihatinkan. ”Gedungnya sudah mulai bobrok dan tidak layak digunakan sebagai tempat belajar,” katanya di sela-sela aksi, Rabu (7/8).

Pantauan Radar Banten perwakilan massa aksi, satu persatu berorasi menyampaikan tuntutannya dengan pengawalan ketat pihak kepolisian. Mereka juga membawa spanduk dan karton berisi pernyataan sikap dan tuntutannya. Sejak 2017, lanjut Anov, Pemkot Tangerang pernah menganggarkan dana untuk rencana pembangunan gedung baru SDN 15 Kota Tangerang. Namun rencana tersebut hingga saat ini belum juga terealisasi. ”Informasinya tender pembangunannya sudah ada, tapi tidak segera dilaksanakan,” tutur Anov.

Selain itu, janji Walikota Tangerang Arief R Wismansyah yang akan memberikan tanah seluas 1 hektare untuk pembangunan gedung baru belum juga terealisasi. ”Kami menganggap bahwa janji tersebut adalah hoax,” ujarnya.

Anov mempertegas pernyataannya agar Pemkot Tangerang segera melakukan pembangunan gedung baru. Selain itu, Pemkot Tangerang juga harus memenuhi hak-hak siswa SDN Tangerang 15 agar setara dengan siswa lainnya. ”Kami mendesak Inspektorat dan Kejaksaan untuk mengaudit anggaran pembangunan Gedung SDN Tangerang 15,” ungkapnya.

Setelah sekira 30 menit berorasi, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaludin menemui mereka. Ia memastikan, rehabilitasi gedung SDN 15 Kota Tangerang sudah dianggarkan dalam APBD Perubahan 2019. ”Kami janji akan merehabilitasi,” ujarnya.

Menurut Jamaluddin, rehabilitasi gedung eks SDN Sukasari 4-5 akan direalisasikan pada Oktober 2019. Ia mengaku akan mengawal pembangunan gedung yang bakal dilakukan oleh Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim). ”Mudah-mudahan Oktober, saya akan kawal baik melalui surat dan kejar langsung,” ungkapnya. 

Jamaluddin mengakui pembangunan gedung SDN 15 Kota Tangerang itu sudah terkatung-katung selama tiga tahun terakhir. Pemkot Tangerang sudah berupaya merealisasikan pembangunan gedung sekolah, namun banyak kendala yang dialami.

“Pada 2017 kami mewacanakan pembangunan di lahan aset daerah di SMKN 2 Tangerang, Jalan Veteran, namun wacana ini tidak dilakukan karena belum dapat izin dari Pemprov. Padahal sudah aset Kota Tangerang,” jelasnya.

Lalu, wacana pembangunan gedung SDN 15 Kota Tangerang pun direlokasi ke tanah milik Kementerian Hukum dan HAM di samping gedung SDN Sukasari 4-5 yang baru, di Jalan M Yamin. “Di sana ada 9.500 meter persegi dan sudah dibangun 4.000 meter untuk SDN Sukasari 4-5 yang baru. Kemarin sudah dianggarkan terkait tanah itu, tetapi Kemenkumham belum mengizinkan untuk pembangunannya,” pungkasnya. (one/asp/sub)