Mahasiswa Diajak Songsong Masyarakat 5.0

0
124 views
Ilustrasi/Inet

TANGERANG – Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Raharja Tangerang, belum lama ini menggelar seminar nasional bertema “Society 5.0 dalam Persepektif Generasi Milenial”. Acara yang digelar di ruang aula universitas menghadirkan dua narasumber yakni Prof Achmad Benny Mutiara yang juga Dekan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Guna Darma dan Dr Hamdani pengajar dari Universitas Mulawarman.

Rektor Universitas Raharja, Po. Abas Sunarya mengatakan di tengah persaingan revolusi industri yang terus digaungkan di tanah air saat ini, ternyata sudah lama terjadi di luar negeri. Untuk itu, masyarakat Indonesia, khususnya kalangan perguruan tinggi diminta harus semakin terpacu dalam meningkatkan kualitas dan daya saing.

“Kami hadirkan para narasumber yang kompeten dalam bidangnya untuk berbagi pengetahuan. Sebab mau tidak mau, siap tidak siap, era tersebut harus dihadapi. Siapa pun yang lamban pasti tergilas zaman,” ucapnya.

Sementara Dr Hamdani menyampaikan, bahwa masyarakat 5.0 adalah gambaran masa depan umat manusia dengan pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan. Hal itu ditandai dengan pesatnya pengembangan teknologi AI (Artificial Intelligence), seperti pengembangan transportasi, pertanian hingga financial.

“Masyarakat 5.0 sangat tergantung pada smartphone, dengan kebutuhan internet tiap hari, jam bahkan hitungan menit,” katanya.

Selain itu, kebutuhan akan data juga semakin besar. “Generasi ini juga meninggalkan kebiasaan lama dan beralih ke media digital atau online serta menginginkan serba otomatis dan praktis,” ucapnya.

Untuk itu akibat kondisi tersebut, ada sejumlah dampak positif dan negatif terhadap generasi milenial. Dampak positifnya membuka peluang kerja baru, di mana generasi milenial lebih menyukai pekerjaan yang berbasis teknologi. Sedangkan dampak negatifnya, terjadinya kebocoran data pribadi yang terhubung ke internet. Dan berdampak pada tenaga buruh yang relatif banyak di Indonesia. (one/adm/sub)