Mahasiswa Hingga Para Veteran Ziarah ke Taman Makam Pahlawan

0
56

SERANG – Memperingati Hari Pahlawan, Himpunan Mahasiswa Tangerang (Himata) Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Ciceri, Kota Serang, Jumat (10/11).

Ketua Himata Banten Raya Komisariat UIN Banten Izhar Sujudi mengatakan ziarah pada momen peringatan Hari Pahlawan kali ini untuk meningkatkan ghiroh mahasiswa.

“Agar lebih terpacu. Lebih maju. Bukan hanya sekadar mahasiswa biasa,” kata Izhar saat ditemui Radar Banten Online, Jumat (10/11).

Pahlawan dulu, lanjutnya, memiliki sosok musuh nyata yang harus diberantas. Para pahlawan mengorbankan lahir, batin dan pikiran untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Mahasiswa saat ini, memiliki kesamaan berjuang, demi kemaslahatan bersama. Karena masih ada oknum tertentu yang masih mementingkan kelompok,” ujarnya.

Dikatakannya, perjuangan mahasiswa sebenarnya banyak sekali. Cara melakukan sebuah perjuangan bisa dengan aksi, diskusi, bakti sosial dan sebagainya.

“Mungkin stigma masyarakat melakukan aksi secara sporadis, hanya atas dasar eksistensi belaka. Kami ingin merubah itu,” paparnya.

Di saat bersamaan, sejumlah Veteran pun mengunjungi Taman Makam Pahlawan Ciceri.

Para Veteran tersebut menaburkan bunga di atas makam pahlawan. Sebagian makam adalah kawan-kawan seperjuangan yang gugur dalam peperangan membela negara khususnya di wilayah Banten.

Surip, salah seorang Veteran terlihat memandangi batu nisan kawan seperjuanganya. Sesekali ia mengelus batu nisan itu.

Surip, sangat prihatin terhadap para pemuda. Menurutnya, pemuda zaman sekarang tidak mempunyai etika yang bagus dan kurangnya rasa sopan santun.

“Mereka seharusnya bangga hidup di zaman sekarang. Mereka tidak merasakan membela negara dalam peperangan,” kata Surip usai tabur bunga. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com).