Wisuda sarjana XX dan pascasarjana VIII IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

SERANG – Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin mengapresiasi kontribusi IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dalam memajukan bangsa Indonesia, terutama di daerah Banten. Menurutnya, perguruan tinggi harus responsif terhadap persoalan masyarakat, harus responsif terhadap kebutuhan masyarakat di daerahnya.

“Perguruan tinggi harus menciptakan generasi yang berkualitas dan mampu melayani kebutuhan masyarakat saat ini. Mahasiswa sekarang harus menjawab tantangan jaman secara universal. Kemudian menjaga, merawat dan mempertahankan soliditas agama Islam sebab Indonesia mayoritas umat muslim,” ujar Kamaruddin saat memberikan orasi ilmiah pada Wisuda Sarjana XX dan Pascasarjana VIII IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Sabtu (26/11).

Ia menyatakan, mahasiswa juga harus mampu menjaga kondisi masyarakat menjadi lebih baik dan berakhlak dengan menjadi warga negara Indonesia muslim yang baik. Untuk itu mahasiswa dapat berkontribusi dalam meningkatkan soliditas umat muslim di Indonesia.

Kemudian yang harus ditekankan kepada mahasiswa yang lulus, lanjut dia, mampu memanfaatkan pengetahuanya untuk mewujudkan dan meningkatkan perekonomian di daerah. “Maka dari itu kita harus bersemangat dalam memajukan daerah. Potensi wisudawan dan wisudawati saat ini harus bisa menyaingi dan mengimbangi kebutuhan masyarakat dan bangsa ini. Para wisudawan dan wisudawati ini dapat produktif dalam menjawab kebutuhan masyarakat ke depan,” harapnya.

Peserta wisuda sarjana XX dan pascasarjana VIII di aula Prof Dr Sjadli Hasan, kampus Ciceri, Kota Serang, sebanyak 690 orang. Mereka terdiri atas 38 orang lulusan Program Magister (S2) dan 652 orang lulusan Program Sarjana (S1). Wisuda kali ini dilakukan dua sesi. Sesi pertama wisuda lulusan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan serta lulusan program pascasarjana, totalnya 314 orang. Sementara sesi kedua mulai pukul 13.00 wisuda lulusan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam serta Fakultas Ushuluddin, Dakwah, dan Adab sebanyak 376 orang.

Rektor IAIN SMH Banten Fauzul Iman saat sambutan merasa bangga atas prestasi mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan tugasnya sebagai mahasiswa. “Kami bersyukur, kampus ini telah mampu berkontribusi dalam pembangunan daerah dan nasional. Tak sedikit para alumni IAIN Banten menduduki jabatan penting di pemerintahan daerah maupun nasional. Kami menyampaikan penghargaan pada para mahassiswa IAIN karena sudah berjuang di kampus ini,” ucapnya.

Ia menyebutkan, salah satu upaya membangun Banten yaitu mewujudkan lulusan yang berkualitas. Pihaknya berharap lulusan dari kampus ini dapat berkontribusi dalam mewujudkan kemajuan daerah Banten. Bahkan ia mengaharapkan para alumni bisa menjawab tantangan jaman globalisasi ini.

“Kami berharap wisudawan wisudawati kali ini dapat menjaga nama baik almamater kampus. Jaga akhlak dan sopan santun terhadap orangtua, lingkungan masyarakat. Kemudian gunakan ilmu-ilmu yang didapat dari kampus ini untuk berbuat baik dan ciptakan suasana di masyarakat bahwa lulusan IAIN mampu mengubah masyarakat menjadi lebih baik dan beradab. Untuk itu pengetahuan agama yang dipelajari di IAIN Banten diharapkan dapat diaplikasikan dengan baik.  Sehingga apa yang dicita-citakan masyarakat terhadap kampus ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Banten,” ungkap Fauzul. (Ade F)