Mahasiswa Untirta Juara Tiga Lomba Karya Tulis Ilmiah

0
520
Ely Nurmawati, Eka Amelia, dan Dwi Astuti Nurjanah berhasil meraih juara III LKTI Nasional di UGM.

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) kembali menuai prestasi di tingkat nasional. Kali ini giliran tiga mahasiswi semester V Fakultas Hukum (Untirta), yakni Ely Nurmawati, Eka Amelia, dan Dwi Astuti Nurjanah yang berhasil meraih juara III lomba karya tulis ilmiah (LKTI) tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta 2016 pada 13 November.

Ely Nurmawati menjelaskan, ia dan dua temannya pada LKTI tingkat nasional tersebut mengambil judul ‘Pengaruh Sistem Investasi Syariah Islam terhadap Kebijakan Pasar Modal Nasional’. Ia mengaku tidak percaya bila akhirnya bisa meraih juara III, mengingat persiapan sangat singkat.
“Awalnya kita benar-benar enggak menyangka kalau bisa lolos saat seleksi abstrak karena ini tingkat nasional dan seluruh perguruan tinggi negeri (PTN) mengikuti lomba ini. Kita sempat pesimistis soalnya persiapannya mepet dan mendadak banget. Kita bersaing dengan banyak peserta dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia, tetapi yang lolos abstrak hanya 20 peserta termasuk kita dan akhirnya bisa juara III,” ujar Ely saat ditanyai Radar Banten, Jumat (18/11).

Dijelaskannya, setelah terpilih masuk lima besar, ia dan dua temannya harus mempresentasikan karya tulis ilmiahnya dan akan dilakukan prosesi tanya jawab oleh dewan juri. “Perasaannya senang banget, ternyata perjuangan 24 jam kita terbayar dan berbuah manis. Ini juga berkat bimbingan Dr Azmi Polem,” tutur mahasiswa asal Bangka Belitung tersebut.

Ely Nurmawati, Eka Amelia, dan Dwi Astuti Nurjanah hanya kalah dengan perwakilan Universitas Jenderal Soedirman yang berhasil meraih juara I dan Universitas Riau yang menyabet juara II.

Wakil Dekan (Wadek) III Fakultas Hukum Untirta Pipih Ludia Karsa mengapresiasi perjuangan ketiga mahasiswinya dalam mengikuti LKTI tingkat nasional tanpa sepengetahuan pihak fakultas dan berhasil meraih juara III.

Ia mengatakan, perlu bagi mahasiswa mendapatkan motivasi yang lebih intens agar mendapatkan hasil lebih dalam sebuah kompetisi.

“Mereka ini sudah proaktif. Artinya, informasi mereka dapat bukan dari kita yang menyampaikan, tetapi mereka mencari informasi sendiri dan mengaktualisasikan diri mereka,” katanya.

Ia berharap, pencapaian Ely Nurmawati, Eka Amelia, dan Dwi Astuti Nurjanah bisa memacu dan memotivasi mahasiswa lainnya. “Khususnya mahasiswa Fakultas Hukum untuk lebih meningkatkan potensi, berkreasi, dan mengaktualisasikan dirinya masing-masing,” kata Pipih lagi. (mg02/alt/dwi)