Mahathir Mohammad Kembali Pimpin Malaysia

MALAYSIA – Di usia 92 tahun, Mahathir Mohammad kembali memimpin Malaysia. Koalisi Pakatan Harapan yang dipimpinnya berhasil memenangkan pemilu setelah meraih 113 kursi parlemen.

Hasil ini mengakhiri dominasi Barisan Nasional (BN) yang telah menguasai Malaysia sejak Negeri Jiran itu pertama kali berdiri. Koalisi petahanan itu hanya mampu meraih 79 kursi.
Banyak yang menyebut pemilu kali ini adalah yang terpanas dalam sejarah Malaysia. Pasalnya, kubu Mahathir terus mengangkat skandal korupsi 1MDB yang diduga kuat melibatkan Perdana Menteri Najib Razak.

Saat ditanya mengenai nasib Najib ke depan, Mahathir menjawab diplomatis. Dia memastikan tidak akan ada balas dendam terhadap bekas muridnya itu.

“Kami tidak akan balas dendam, yang akan kami lakukan adalah menegakkan aturan hukum,” ujar Mahathir berbicara pada media menyambut kemenangannya, dilansir JPNN dari BBC, Kamis (10/5).

Mahathir sebelumnya pernah menjabat perdana menteri selama 22 tahun sejak 1981 hingga 2003. Malaysia berhasil menjadi Macan Asia di bawah kepemimpinannya.
Malaysia mengalami perkembangan ekonomi yang pesat pada 1990-an. Namun, dia adalah salah satu sosok otoriter yang menggunakan undang-undang keamanan kontroversial untuk mengunci lawan politiknya. (ina/iml/trz/JPC/JPG)