Main di Kandang Sendiri, Bayern Muenchen Ditaklukkan Real Madrid

Cristiano Ronaldo. Foto: AFP/JPNN

MUNICH – Leg pertama perempat final Liga Champions, Bayern Muenchen ditaklukkan Real Madrid, 1-2. Gol Muenchen tercipta pada menit ke-25 melalui Arturo Vidal. Sementara dua gol Madrid lewat Cristiano Ronaldo pada babak kedua.

Bermain dikandang sendiri, Allianz Arena, Kamis (13/4) dini hari WIB, Muenchen kesulitan membobol lini pertahanan Madrid. Sejak awal pertandingan, Muenchen terus menekan pertahanan tim tamu. Arjen Robben, Franck Ribery, Thomas Mueller terus berusaha merobek kotak penalti Madrid.

Namun empat pemain belakang Madrid, Dani Carvajal, Nacho Fernandez, Sergio Ramos dan Marceloa tampil taktis. Muenchen kesulitan membelah benteng Madrid dari tengah maupun sisi sayap.

Gol akhirnya datang lewat bola mati, sepakan pojok. Pada menit ke-25, Thiago Alcantara melepaskan corner kick manja yang dengan enaknya disambut gelandang bertahan tuan rumah berambut mohawk, Arturo Vidal.

Madrid mulai tersentak usai gol tersebut. Tiga gelandang mereka, Toni Kroos, Casemiro dan Luka Modric mulai panas. Perang di lini tengah pun sengit.

Muenchen kembali mendapatkan peluang emas. Sepakan melengkung yang dihasilkan dari kaki kanan Ribery, mengenai badan Carvajal di dalam kotak penalti. Itu terjadi pada menit ke-45, detik-detik akhir babak pertama.

Wasit Nicola Rizzoli meniup peluit dan menunjuk titik penalti. Pengadil asal Italia itu menganggap bola mengenai tangan Carvajal. Si bek kanan Madrid itu protes, teman-temannya juga. Namun keputusan sudah diambil.

Vidal maju sebagai eksekutor, dan dia gagal menunaikan tugas. Sepakannya melambung ke atas mistar gawang yang dijaga Keylor Navas. Skor 1-0 untuk Muenchen bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, baru dua menit berjalan, Cristiano Ronaldo menyamakan kedudukan. Menerima umpan cantik Carvajal, Ronaldo datang menghampiri si kulit bundar dan ayunan kaki kanannya melepas bola, tak dapat dijangkau kiper Manuel Neuer. Allianz Arena atau biasa disebut juga Fusball Arena, sejenak terdiam.

Madrid mulai nyaman bermain dalam irama mereka. Muenchen malah bermain seperti panik, terburu-buru.

Petaka akhirnya datang di menit ke-61. Bek Muenchen Javier Martinez diusir wasit. Martinez menerima kartu kuning kedua, setelah yang pertama dia terima pada menit ke-58.

Bermain dengan sepuluh pemain melawan Madrid, Muenchen kerepotan. Pengin mencetak gol, kalah jumlah personel. Mau habis-habisan, takut kebobolan lagi. Namun Madrid akhirnya kembali mencetak gol pada menit ke-77. Lagi-lagi lewat Ronaldo. Kali ini Marco Asensio yang memberi umpan matang di depan gawang.

Gol ini tercatat sebagai gol ke-100 Ronaldo di kompetisi antarklub UEFA. Sebanyak 16 gol dia bukukan di Manchester United, 84 di Madrid. Malam bersejarah buat Ronaldo. Dia menjadi pemain pertama dalam Club 100 UEFA.

Kemenangan comeback di markas Muenchen ini menjadi modal sangat berharga buat Madrid, yang akan bertindak sebagai tuan rumah di leg kedua 19 April nanti. (adk/JPNN.com))