Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya bersama Wabup Ade Sumardi meninjau stan peserta Lebak Local 4F.

LEBAK – Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Lebak menggelar Lebak Local 4F (Food, Fruit, Folks And Festival) di Alun-alun kota Rangkasbitung, Minggu (3/12).

Lebak Local 4F yang termasuk salah satu rangkaian kegiatan memeriahkan HUT ke-189 Kabupaten Lebak ini mengusung tema ‘Cintailah Buah Lokal Menuju Lebak Sejahtera’. Tujuannya untuk memperkenalkan dan mempromosikan berbagai produk hortikultural (buah) yang dihasilkan dari para petani di Kabupaten Lebak.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menilai acara Lebak Local 4F (Food, Fruit, and Folks Festival) bisa menarik minat atau kunjungan wisatawan ke Kabupaten Lebak. Apabila acaranya dikemas lebih bagus dengan konten yang lebih menarik pagi, Lebak Local 4F bisa lebih baik dari F-8 Makassar.

“Ini merupakan kampanye ketahanan pangan yang harus membumi dan menarik. Saya juga mengapresiasi nama kegiatan acara Lebak Local 4F karena nama acaranya sudah sangat menjual dan ke depan konsep acara agar dibuat lebih menarik dengan sentuhan-sentuhan khas generasi milenial saat ini,” ujar Iti saat menghadiri acara Lebak Local 4F di Alun-alun kota Rangkasbitung, Minggu (3/12).

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menyerahkan penghargaan.

Selain itu, kata Iti, secara formal memang ada amanat dalam UU Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan bahwa penyelenggaraan pembangunan ketahanan pangan tidak hanya membangun, tetapi harus dilandasi oleh kemandirian dan kedaulatan pengan sebagai ruhnya serta harus ada upaya manajemen dalam subsistem pangan yaitu dengan ketersediaan, keterjangkauan konsumsi pangan, dan gizi.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Lebak Dede Supriatna berharap dengan adanya acara ini dapat memotivasi petani untuk terus meningkatkan kualitas buahnya sesuai dengan permintaan pasar. “Kami juga memberikan penghargaan kepada kelompok tani yang berprestasi dalam meningkatkan kualitas buah atau hortikultura,” pungkasnya.

Lebak Local 4F 2017 dimenangkan oleh Kecamatan Kalanganyar. Kemudian Kecamatan Cibadak juara kedua dan Kecamatan Rangkasbitung ketiga. (Omat/twokhe@gmail.com