Mako Polres Wajib Steril

Petugas memberi arahan kepada pengunjung yang sedang disemprot disinfektan di tenda sterilisasi Mako Polres Serang Kota, Rabu (25/3).

SERANG – Polres Serang Kota mewajibkan setiap pengunjung untuk mengikuti tahapan sterilisasi. Kebijakan itu sebagai antisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19. 

“Tidak hanya pengunjung. Personel kita juga disterilkan,” kata Kapolres Serang Kota Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Edhi Cahyono, Rabu (25/3).

Tahapan sterilisasi itu dimulai dari pengecekan suhu tubuh pengunjung. Setelah dinilai normal, pengunjung akan diberikan sabun cuci tangan.

Setelah itu, pengunjung atau personel diarahkan ke tenda sterilisasi yang di dalamnya terdapat blower disinfektan. “Untuk diketahui sarana mencuci tangan menggunakan sabun telah disiapkan di depan mako maupun di dalam ruangan dan ditambah satu bilik untuk penyemprotan disinfektan kepada setiap pengunjung atau anggota jika akan memasuki Polres Serang Kota,” kata Edhi.

Kebijakan itu mulai berlaku sejak Senin (23/3). Untuk pengunjung yang suhu tubuhnya melebihi batas normal, akan diarahkan langsung ke rumah sakit.

“Kalau untuk tenda tersebut kita dirikan sejak hari Minggu kemarin (22/3). Kita harapkan masyarakat memaklumi dan mengikuti tahapan SOP tersebut,” ucap alumnus Akpol 2000 tersebut.

Sementara Kasubag Humas Polres Serang Kota Ajun Komisaris Polisi (AKP) Badri Hasan menambahkan, personel yang ditugaskan berjaga di tenda sterilisasi telah dilengkapi alat pelindung diri (APD). “Kita juga melindungi petugas kita dalam menjalankan SOP tersebut,” tutur Badri.

PATROLI

Sementara petugas Resmob Ditreskrimum Polda Banten mengadakan patroli di sejumlah lokasi. Patroli untuk melaksanakan maklumat Kapolri Jendral Idham Azis terkait kerumunan warga.

“Operasi tersebut kita laksanakan dalam rangka melaksanakan maklumat Kapolri tentang pencegahan dan penyebaran virus Corona,” kata Direktur Reskrimum Polda Banten Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Novri E Turangga, Rabu (25/3).

Patroli digelar menyasar tempat-tempat di sepanjang jalur protokol Kota Serang. Patroli yang dimulai pukul 20.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB, itu petugas menemukan sejumlah warga yang terlihat masih berkumpul. “Kita berikan imbauan untuk sementara waktu tidak berkumpul, ” kata Novri didampingi Kasubdit II Harta Benda Bangunan Tanah (Hardabangtah) Ditreskrimum Polda Banten AKBP Asep Sukandarisman.

Novri mengatakan, patroli tersebut akan digelar selama beberapa hari ke depan. “Virus corona atau Covid-19 ini penelurannya sangat cepat. Makanya pemerintah mengambil kebijakan social distancing, ” tutur Novri.(mg05/nda/ags)