Malam Ini KPU Gelar Debat Paslon Edisi Pertama

0
2806

JAKARTA – Pada Kamis (17/1) malam ini, dua pasang kandidat presiden dan wakil presiden akan beradu ide untuk memajukan bangsa Indonesia. Pukul 20.00 nanti, masyarakat bisa menguji seberapa pantas keduanya memimpin Indonesia lima tahun ke depan, lewat forum debat paslon.

Empat tema besar akan menjadi bahasan utama dalam debat paslon yang akan disiarkan langsung tiga stasiun televisi dan satu radio mulai pukul 20.00 nanti malam. Hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Paslon nomor urut 1, Joko Widodo-Ma’ruf Amin akan beradu ide dan gagasan dengan paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno.

Masing-masing paslon telah menyiapkan strategi untuk menunjukkan bahwa visi misi mereka lebih baik dari lawan. Namun, persiapan tidak melulu berupa materi debat. Apalagi, pertanyaan panelis sudah mereka dapatkan. Tinggal siapa yang lebih beruntung mendapat pertanyaan yang sesuai dengan keinginannya.

Persiapan lain yang mungkin remeh juga disiapkan oleh amsing-masing paslon. Demi membuat mereka terlihat segar dan menarik saat tampil di depan publik. Debat kali ini begitu dinanti oleh publik yang ingin mendengar langsung penyampaian program masing-masing paslon untuk lima tahun mendatang.

Menjelang pelaksanaan debat yang nanti malam, pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno masih terus melakukan persiapan internal. Sejak pukul 13.00 Rabu (16/1), Prabowo-Sandi bersama Badan Pemenangan Nasional berkumpul di kediaman Prabowo di Jl Kertanegara.

Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi Andre Rosiade menyatakan, pertemuan dengan Tim Materi Debat kemarin merupakan pematangan akhir. Persiapan itu dipimpin langsung oleh Ketua Tim Materi Debat BPN Prabowo Sandi Sudirman Said. “Beliau berdua sudah dipersiapkan sejak kemarin (Selasa, red),” kata Andre saat dikonfirmasi.
Dari sisi materi, Andre meyakini tidak ada masalah berarti. BPN optimis bahwa Prabowo maupun Sandi mampu untuk menjawab setiap pertanyaan. Pematangan yang dilakukan kemarin dilakukan melalui proses simulasi debat, demi mengidentifikasi perbedaan program antara pasangan nomor urut 02 itu dengan Jokowi-Maruf. “Kami yakin insya Allah semua siap,” ujar Andre.

Di sisi lain, dukungan moril dari keluarga juga muncul, agar Prabowo-Sandi optimal melakoni debat. Sandi dalam beberapa kesempatan selama ini kerap didampingi sang istri Nur Asia Uno. Sementara Didit Prabowo, putra dari Prabowo juga mendampingi. “Biasanya mas Didit mendampingi nanti, sementara mbak Titiek (Siti Hediati, mantan istri Prabowo, red) pasti akan hadir sebagai pimpinan Partai Berkarya,” ujarnya.

Sementara itu, calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengaku sudah sangat siap dalam menghadapi debat perdana nanti malam. Sosok yang juga calon petahana itu sudah menyiapkan bahan sesuai dengan materi yang dijadwalkan.

“Ya kita datang saja , datang kan sesuai dengan materi kan, materinya hukum HAM, materinya terorismenya, materinya korupsi,” ujarnya di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Rabu (16/1).

Mantan Walikota Solo itu menambahkan, dalam debat, pihaknya akan banyak memaparkan data-data. Khususnya yang terjadi selama masa pemerintahannya empat tahun belakangan. “Kalau ngomong mestinya dengan data, ngomong dengan fakta-fakta,” imbuhnya.
Namun demikian, rencana yang akan dilakukan dalam lima ke depan pun akan tetap disampaikan. “Yang paling penting, rencana kita seperti apa,” tuturnya. Saat didesak hal apa saja yang akan dilakukannya, bapak tiga anak itu memilih menutup rapat-rapat.

Meski terkesan santai, Jokowi terpantau cukup intens menyiapkan diri untukmenghadapi debat. Di luar pertemuan dengan pensiunan PNS di Sentul, Rabu (16/1) dalam dua hari belakangan, kegiatannya banyak diisi oleh persiapan jelang debat. (jpg/aas)