Malam Pergantian Tahun, Pemkab Lebak Berlakukan Car Free Night

LEBAK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak bersama Kepolisian Resor (Polres) Lebak memberlakukan malam bebas kendaraan atau “car free night” pada perayaan pergantian tahun baru 2020 di Alun-alun Rangkasbitung. Upaya ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kemacetan di beberapa ruas jalan menuju pusat kota Rangkasbitung.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lebak Dartim menjelaskan, ruas jalan yang ditutup pada malam pergantian tahun, yakni Jalan Multatuli, Jalan Iko Djatmiko, Jalan RM Nataatmaja, dan Jalan Abdi Negara.

Untuk kantong parkir akan ditempatkan di Jalan RT Hardiwinangun dan Jalan Iko Djatmiko, karenanya kendaraan dicegah masuk ke sekitaran Alun-alun untuk meminimalisasi terjadinya penumpukan.

“Kebijakan penerapan malam bebas kendaraan sudah dilaksanakan pemerintah daerah bersama aparat kepolisian sejak beberapa tahun lalu. Tujuannya agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di sejumlah ruas jalan di Kota Rangkasbitung pada malam pergantian tahun baru,” kata Dartim kepada Radar Banten, Senin (30/12).

Untuk rekayasa lalu lintas akan mulai diberlakukan pada Selasa (31/12/2019) sekira pukul 17.00 WIB sampai Senin (1/1/2020) sekira pukul 2.00 WIB. Puluhan petugas dari Dishub, Satpol PP, dan Polres Lebak akan disiagakan untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama malam bebas kendaraan.

“Kami berharap masyarakat dapat menaati aturan tentang malam bebas kendaraan pada pergantian tahun baru,” ungkapnya.

Dartim mengimbau masyarakat agar pada perayaan malam pergantian tahun tidak berhura-hura atau merayakannya dengan cara berlebihan. Lebih baik, momentum pergantian tahun itu dijadikan sebagai ajang instropeksi diri, sehingga tahun depan bisa lebih baik dibandingkan tahun ini.

“Pemkab Lebak sendiri akan menggelar zikir bersama di Masjid Agung Al-Araf Rangkasbitung. Ini bentuk rasa syukur kita semua atas nikmat yang diberikan, sehingga kita bisa menikmati nikmat panjang umur,” katanya.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Lebak Ajun Komisaris Polisi (AKP) Fikry Ardiansyah membenarkan, pada malam pergantian tahun baru akan diberlakukan car free night di Alun-alun Rangkasbitung. Masyarakat yang akan menikmati perayaan malam pergantian tahun dilarang membawa kendaraan ke ruas jalan di Alun-alun Rangkasbitung. Karena kepolisian bersama Pemerintah Daerah akan menutup beberapa ruas jalan, seperti Jalan Multatuli, Iko Djatmiko, dan Jalan Abdi Negara.

“Namun demikian, kita siapkan kantong parkir di beberapa ruas jalan. Seperti di Jalan RT Hardiwinangun dan Jalan Letnan Muharam di depan SMAN 3 Rangkasbitung,” katanya. (tur/zis)