Malangnengah nan Asri, Diproyeksikan Jadi Percontohan

KRAGILAN – Lingkungan yang asri menjadi alasan Pemerintah Desa Sukajadi, Kecamatan Kragilan, memilih RW 01, Kampung Malangnengah, mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. Kondisi itu membuat pemerintah desa dan pengurus lingkungan menganggap, tak akan banyak membenahi perkampungan tersebut agar bisa berkompetisi.

“Awalnya, kami masih kebingungan karena belum mengusulkan satu kampung pun untuk mewakili desa kami berkompetisi dalam Lomba Kampung Bersih dan Aman. Namun, akhirnya kami semua sepakat dan mengerucut mengusulkan RT 04 RW 01, Kampung Malangnengah,” tutur Sekretaris Desa Sukajadi Ahmad Juhdi kepada Banten Raya TV (grup Radar Banten) di kantornya, Senin (14/10).

Ahmad mengaku, pemilihan Malangnengah juga karena perkampungan tersebut didukung oleh infrastruktur jalan yang baik. Serta, untuk menjadikan warga Malangnengah semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungannya.

Malangnengah memang belum dilengkapi dengan tempat penampungan sampah sementara. Tetapi, hal itu tidak membuat warganya membuang sampah sembarangan. Warga mengelola sampahnya dengan tradisional. Mereka mengumpulkan sampah lalu membakarnya.

“Di RW 01 ini juga banyak rumah warga yang menghijaukan halaman rumahnya dengan tanaman hias. Jadi, suasana kampung terlihat lebih asri,” ungkap Ahmad.

Disinggung tentang keamanan lingkungan, Ahmad mengklaim, Malangnengah relatif kondusif. Sebab, warganya selalu aktif ronda malam, Anggota bhabinkamtibmas dan babinsa pun rutin mengunjungi warga Malangnengah untuk berkoordinasi soal keamanan lingkungan. “Alhamdulillah, di kampung kami aman. Tidak ada tindak kriminalitas,” tegasnya.

Ahmad berharap, dengan lomba yang digagas Radar Banten, Pemkab Serang, dan Polda Banten ini, warga RT 04 RW 01, Kampung Malangnengah, bisa terus menjaga kebersihan dan keamanan lingkungannya. Perkampungan yang asri di Malangnengah diharapkan pula tetap terjaga keasrian serta semakin bersih dan rapi. “Semoga bisa jadi kampung percontohan di Sukajadi,” tutup Ahmad. (jay/ang/don/ira)