Maling Kabel, Dua Sekawan Terancam Mendekam Dibalik Jeruji Selam Tujuh Tahun

0
554 views
ilustrasi (foto: Istimewa)

SERANG – M dan F, dua sekawan dibekuk oleh Satuan Reskrim Polsek Cipocok Jaya. Dua sekawan tersebut diamankan oleh aparat kepolisian karena diduga telah mencuri kabel milik PT PLN Persero Banten Utara Rayon Serang.

Untuk menjalankan aksinya, M dan F tidak hanya berdua, ada dua orang lainnya yang saat ini masih menjadi buron aparat kepolisian. Ditangan kedua pelaku tersebut, petugas berhasil mengamankan barang bukti satu unit kendaraan mobil jenis minibus dengan nomor Polisi A 1729 VJ, alat gunting kabel dan empat kabel listrik dengan panjang 21 meter.

M dan F berhasil dibekuk polisi di kawasan Lingkar Selatan, Kota Cilegon, Jumat (3/2). Kapolsek Cipocok Jaya Kompol Syahrul menjelaskan, sebelumnya pihaknya menerima laporan dari pihak PT PLN Persero Banten Utara Rayon Serang atas pencurian kabel listrik di gardu listrik di Jalan Raya Serang – Pandeglang Kelurahan Tembong, Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang. “Pelaku kena Pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan, dengan ancaman penjara tujuh tahun,” ujarnya, Jumat (3/2).

Dalam menjalankan aksinya, modus yang dilakukan oleh komplotan yang diketahui sesialis pencurian kabel ini yaitu dengan beraksi ditengah malam saat kondisi sepi dengan membawa satu kendaraan mobil operasional dan alat gunting kabel.

“Sudah tiga kali melakukan aksinya, memang mereka aksinya tersebar, ada di Cilegon, dan ini di Serang kita berhasil tangkap,” ungkapnya.

Sementara itu, Humas PT PLN Persero Banten Utara Rayon Serang Cosmas Bejo mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali menjadi korban tindak kriminal tersebut. Akibatnya PT. PLN Persero Banten Utara Rayon Serang mengalami kerugian materi mencapai Rp 16 juta.

“Sudah mengalami kehilangan sejak bulan Desember 2016 dan kembali terjadi pada Januari. Saya heran itu teganganya tinggi sampai 20 ribu Kilo Volt tapi bisa, makanya saya kerja sama Mapolsek untuk menyelidiki,” ujarnya. (Bayu)