Manor Akhiri Kontrak, Esteban Ocon Siap Gantikan Rio Haryanto

2 Esteban Ocon (FRA, Prema Powerteam, Dallara F312 - Mercedes), FIA Formula 3 European Championship, round 3, Pau (FRA) - 9. - 11. May 2014

MANOR Racing mengonfirmasi Rio Haryanto tak akan lagi berlomba sampai akhir musim di Formula 1 2016. Hal ini diumumkan secara resmi melalui akun Facebook Manor.

Dalam beberapa pekan terakhir, masa depan Rio di F1 memang dipertanyakan. Pasalnya, dia dan manajemen belum melunasi uang sisa sebesar 7 juta euro kepada Manor.

Rio sendiri diberi kesempatan oleh Manor berlaga di GP Jerman beberapa waktu lalu. Namun, tampaknya Rio harus gagal meneruskan kiprahnya pada ajang balapan jet darat tersebut. “Manor Racing hari ini mengumumkan bahwa telah mengambil keputusan untuk mengakhiri kontrak Rio Haryanto karena sang pembalap gagal memenuhi kewajibannya,” tulis pernyataan resmi Manor Racing.

Direktur Balap Manor, Dave Ryan akhirnya turut mengonfirmasi kabar itu. Didepaknya pembalap asal Solo ini murni karena belum melunasi uang yang sudah ditetapkan. “Rio sangat dihargai sebagai anggota tim kami sejak Januari, ketika kami menandatangani kontrak dengan dia untuk musim ini. Beberapa waktu yang lalu, manajernya menunjukkan bahwa mereka mengalami kesulitan untuk membayar kewajiban kontrak,” kata Dave Ryan dalam akun FB resmi Manor.

Tak butuh waktu lama bagi Manor Racing untuk mencari pengganti Rio Haryanto. Mereka kini resmi menunjuk pembalap Prancis, Esteban Ocon untuk menjadi rekan setim Pascal Wehrlein dalam sisa musim ini. Ocon bakal meneruskan kiprah Rio sampai akhir musim. “Kami sangat senang menyambut kedatangan Esteban Ocon di Manor untuk sisa musim ini. Dia jelas salah satu bintang di F1,” kata Direktur Balap Manor, Dave Ryan dalam akun Facebook resmi Manor Racing.

Ocon sendiri memang digadang-gadang sebagai pembalap yang memiliki masa depan cerah. Dia telah menjadi pembalap cadangan bersama Renault dan bersaing di tim Mercedes-AMG. (JP/RBOnline)