Mantan Kapolda Banten Jabat Kabareskrim

SERANG – Mantan Kapolda Banten Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Listyo Sigit Prabowo dipromosikan Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri yang baru. Promosi Listyo tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/3229/XII/KEP/2019 yang ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri.

“Iya betul dipromosikan sebagai Kabareskrim Polri yang baru. Surat Telegram Kapolri tersebut informasinya dikeluarkan hari ini (kemarin-red),” ujar Kabid Humas Polda Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Edy Sumardi Priadinata dikonfirmasi Radar Banten melalui sambungan telepon.

Karir jebolan Akpol 1991 tersebut terbilang moncer. Listyo beberapa kali menempati posisi strategis di kepolisian. Mulai dari Kapolres Pati 2009, Kapolres Kota Surakarta hingga ajudan Presiden Jokowi pada 2014. Usai menjadi ajudan, Listyo dipromosikan sebagai Kapolda Banten pada 5 Oktober 2016. Pangkatnya yang ketika itu masih sebagai perwira menengah melati tiga atau komisaris besar polisi (kombes pol).

Sekitar dua tahun bertugas di Banten, pada 2018 Listyo menjadi salah satu anggota Polri yang mendapat promosi. Dia diangkat sebagai Kadiv Propam Mabes Polri menggantikan Irjen Pol Martuani Sormin sebelum akhirnya dipromosikan kembali sebagai Kabareskrim Mabes Polri. “Kami senang, mantan Kapolda Banten dipromosikan sebagai Kabareskrim Mabes Polri,” kata Edy.

Penunjukkan Listyo sebagai Kabareskrim Mabes Polri dianggap sudah tepat. Sebab, lelaki kelahiran 5 Mei 1969 tersebut berpengalaman di bidang reserse. “Beliau basic-nya memang di bidang reserse,” ujar Edy.

Selama berkarir di Banten, Listyo dikenal sebagai pimpinan yang rendah hati dan dekat dengan anggotanya. Listyo juga dekat dengan ulama Banten. “Beliau sosok jenderal yang rendah hati, dekat dengan anggotanya dan para ulama serta elemen masyarakat Banten,” ucap Edy.

Dia mengatakan hubungan kepolisian dengan seluruh elemen masyarakat Banten terjalin dengan harmonis. Listyo mampu menjalin komunikasi dan sinergitas dengan stakeholder terkait sehingga kondusivitas wilayah Banten terjaga. “Dengan semua elemen masyarakat hubungan sangat baik. Beliau dekat dengan masyarakat tanpa melihat latar belakang. Itu yang saya tahu dari beliau,” tutur Edy.

Dengan ditunjuknya Listyo sebagai Kabareskrim diharapkan Polri semakin maju terutama terhadap layanan reserse kriminal di seluruh Indonesia. “Harapannya tentu agar beliau sukses membawa Polri semakin maju, pelayanan reserse kriminal di seluruh Indonesia terus membaik,” tutur Edy. (mg05/air/ags)