Mantap, RT 04 Purnabakti Jaga Ketahanan Pangan

0
438 views

TAKTAKAN – RT 04 RW 10, Lingkungan Purnabakti, Kelurahan Drangong, Kecamatan Taktakan, semakin oke. Warganya tak hanya berusaha memenuhi semua kriteria penilaian Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Mereka juga menyiapkan lingkungannya untuk menjaga ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19.

Sejak penilaian tahap pertama, Tim 11 LRLA Kota Serang 2020 sudah dibuat kagum oleh penghijauan di RT 04. Di sini, ada banyak tanaman obat keluarga(toga). Tanaman ini telah sejak lama menjadi sumber pengobatan herbal bagi warganya jika demam atau flu. Di setiap pekarangan rumah warga sudah dilengkapi tanaman dalam pot.

Juri perwakilan dari Forum Kota Serang Sehat, Machron Chairulfallah, menyampaikan bahwa hampir semua sudut lingkungan RT 04 tersentuh oleh penataan. Berbagai jenis tanaman seperti bunga, sayur, dan tanaman obat keluarga pun tumbuh segar. Warga merawatnya dengan baik.

Bahkan, warga RT 04 juga membuat kolam ikan nila. Kolam ini untuk kepentingan bersama warga RT ini. Semua merupakan hasil kerja keras warga dan ibu-ibu.

”Jadi, warga memang sudah menyiapkan diri untuk menjaga ketahanan pangan,” kata Machron kepada Radar Banten pada Selasa (2/9). “Saya salut sama kekompakan warga RT 04. SK (surat keputusan Lurah Drangong-red) kelompok sadar lingkungan juga ada,” ungkapnya.

Dari segi keamanan, Briptu Frisma mengungkapkan bahwa alat keamanan di pos ronda RT 04 sudah dilengkapi. Ronda malam juga terus berlangsung.

”SK kelompok sadar hukum juga ada. Semua lengkap,” ujar juri perwakilan dari Polres Serang Kota itu.

Ketua RT 04 Dwi Riyanto optimistis, RT-nya bisa menjuarai LRLA 2020 dan menjadi yang terbaik di Kota Serang. ”Kita harus yakin dan bisa membuktikan kalau RT 04 layak mendapat juara,” tegasnya. (mg06/don)