MARA Ajari Siswa Praktik Kurban

SERANG – Menyambut Hari Raya Idul Adha atau kurban, Madrasah Aliyah Rancaranji (MARA) Padarincang mengajari siswa praktik ibadah kurban yang menjadi agenda tahunan, kemarin. Kegiatan itu untuk membiasakan siswa melakukan hal serupa ketika terjun di masyarakat.

Praktik ibadah kurban diawali tausiah tentang hakikat ibadah kurban dan tata cara pelaksanaan ibadah kurban di halaman MARA Padarincang. Sebanyak satu ekor sapi dan tiga ekor kambing disembelih di halaman belakang MARA Padarincang. Hewan kurban merupakan hasil infak siswa-siswi MARA dan beberapa donatur.

Setelah sapi dan kambing disembelih, siswa-siswi selanjutnya belajar menguliti daging hewan kurban sampai mendistribusikannya kepada orang-orang yang berhak. Kegiatan itu pun disambut antusias siswa-siswi lain yang menyaksikan jalannya kegiatan.     

Lismawati, Kepala MARA Padarincang menjelaskan, kegiatan dilakukan untuk membiasakan siswa-siswi MARA dalam menjalankan ibadah. Kegiatan praktik kurban bertujuan untuk menanamkan semangat siswa dalam berkurban, selain mengokohkan tiga fondasi utama, yakni akidah, akhlak, dan ibadah. “Semoga siswa-siswi MARA memiliki fondasi ibadah yang kuat dan rutin,” harapnya.

Senada disampaikan Faturohman, ketua panitia acara, yang menyatakan bahwa memberikan kesempatan siswa mengurus hewan kurban akan berdampak positif kepada siswa itu sendiri ketika nanti terjun langsung di masyarakat. (zai/ira)