Markas Persita Lolos Verifikasi

0
2.084 views
Petugas verifikasi PT LIB, Ais Darkapi (kanan) mengecek kelayakan Stadion Sport Center Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Rabu (5/2).

TANGERANG – Stadion Sport Center Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, dinilai telah layak menjadi lokasi pertandingan Kompetisi Liga 1 Indonesia musim ini. Lolosnya markas Persita itu masih disertai catatan perbaikan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Kompetisi Liga 1 Indonesia.

Stadion Sport Center Kelapa Dua telah dua kali diverifikasi PT LIB. Pertama, pada 12 Desember 2019 lalu. Kedua, pada Rabu (5/2). Dua petugas verifikasi PT LIB, yaitu M Ais Darkapi dan Zumi Zovtan melakukan proses verifikasi secara menyeluruh. Beberapa catatan yang perlu dirampungkan pihak pengelola stadion sebelum kompetisi dimulai antara lain adalah kelengkapan tribun media, akses untuk media, dan standar keamanan untuk pemain yang akan bertanding.

“Secara umum semua sudah memenuhi standar yang ditetapkan PT LIB. Yang minornya hanya perlu pengaturan yang lebih baik untuk tribun media, akses media yang tidak boleh bersinggungan dengan pemain, tamu VIP dan VVIP. Kalau ini didata ulang dengan baik, semua secara umum sudah oke,” kata M Ais Darkapi, Kamis (6/2).

Salah satu yang jadi sorotan para verifikator adalah akses keluar masuk ruang media yang masih harus disempurnakan. “Pintu masuk media yang ada, yakni di lobi VVIP saat ini cukup riskan mempertemukan media dengan tamu VIP, VVIP, dan pemain,” jelas Ais.

Selain itu, terkait tribun media, pengelola stadion juga sedang mempersiapkan meja portabel untuk memenuhi standar yang telah ditentukan dan untuk kenyamanan awak media memproduksi berita. Tak hanya meja, tetapi kelengkapan lain seperti sambungan listrik dan jaringan wifi juga akan disiapkan sebelum kompetisi.

Kemudian, yang jadi catatan tambahan dari pihak PT LIB adalah pembatas permanen antara suporter tuan rumah dan tim tamu. “Di stadion saat ini plong tanpa ada pembatas. Pastinya akan ada suporter tamu yang hadir, oleh karena itu harus dibuat pembatas permanen,” tambah Zumi.

Kompetisi Liga 1 2020 akan dimulai pada Sabtu, (29/2). Jika merunut pada draf jadwal perdana yang telah dirilis PT LIB, Persita baru akan menggelar pertandingan kandang perdana di pekan kedua, yaitu Jumat (6/3) melawan PSM Makassar. (rbs/nda/ira)