Masa Jabatan DPRD Tangsel Tunggu Keputusan KPU

TANGSEL –  DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menunggu surat keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait penetapan anggota Dewan baru. Sedangkan, batas waktu anggota legislatif periode 2014-2019 berakhir 5 Agustus mendatang.

Sekretaris DPRD Tangsel Chaerul Saleh menyatakan menunggu dari KPU, pihaknya hanya fasilitator. “Ya, kita menunggu dari KPU penetapan anggota dewan baru, setelah itu baru diadakan pelantikan. Meskipun batas waktu dewan lama akan berakhir 5 Agustus mendatang,” jelasnya saat ditemui di Gedung DPRD Tangsel, Kecamatan Setu, Kamis (25/7).

Sementara, Komisioner KPU Tangsel Mujahid Zein mengatakan masih berproses di persidangan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait hasil pengajuan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) keluar.

”Proses sidangnya masih berjalan, jadi belum bisa pengumuman penetapan anggota dewan periode 2019-2024,” singkatnya.

Kepala Bagian (Kabag) Perundang-Undangan Sekretariat DPRD Tangsel Yudi Susanto mengatakan hasil konsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) dan Provinsi Banten Selasa (9/7) lalu, pihaknya mendapat penjelasan bahwa anggota dewan yang terpilih dan tidak terpilih pada Pemilihan Legislatif kemarin masih diperbolehkan untuk bekerja sampai putusan MK keluar.

”Hasil konsultasi Mendagri dan Provinsi Banten, dewan yang terpilih maupun tidak terpilih masih diperbolehkan untuk bekerja sampai putusan MK keluar agar tidak terjadi kekosongan,” katanya.

Yudi menjelaskan, tugas dan kewewenangan anggota dewan masih tetap berjalan sampai proses rapat paripurna pengambilan sumpah anggota dewan terpilih. Namun, sambung Yudi, hak mereka seperti perjalanan dinas, sudah tidak diadakan.

“Hasil instruksi dari Mendagri dan Provinsi Banten untuk kantong pribadi anggota dewan seperti uang perjalanan dinas sudah tidak boleh menerima,” jelasnya.

Ditambahkan, proses pelantikan anggota dewan terpilih kemungkinan akan memakan waktu cukup lama. Pasalnya, MK baru memulai sidang pada 9 Juli lalu. Dan informasi yang didapat dari KPU, putusan MK itu akan disampaikan dalam rentang waktu tanggal 6-14 Agustus.

”Kemungkinan proses pelantikan itu panjang. Dalam aturan MK, putusan Pileg disampaikan ke KPU tanggal 6-14 Agustus, baru menetapkan anggota dewan terpilih. Setelah itu pelantikan diserahkan ke Gubernur. Dan surat keputusan Gubernur disampaikan ke Walikota,” tandasnya. (you/gun/adm)