Masih Bingung Cara Menghitung Zakat? Inilah Caranya  

0
918 views

SERANG – Berzakat adalah salah satu kewajiban seorang muslim apabila telah memenuhi syarat dan ketentuan tertentu yang diatur agama Islam. Namun, tidak sedikit yang masih bingung cara menghitung zakatnya.

Ingin memberikan kemudahan berzakat kepada muzaki (orang yang berzakat), Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Banten menyediakan layanan kalkulator zakat yang dapat diakses melalui internet.

Melalui kalkulator zakat online ini, para pembayar zakat dapat mengetahui jumlah yang harus dibayarkan dan mendapat informasi yang jelas mengenai penyaluran dana zakat.

“Dengan mengakses kalkulator zakat didonasi.ddbanten.org, para muzaki dapat dengan mudah mengecek berapa jumlah zakat yang harus mereka bayarkan dan juga dapat memantau penyalurannya,” ujar Fundraising & Communications Manager Dompet Dhuafa Banten Dedi Setiawan Chogah dalam siaran pers, Jumat (23/6).

Setiawan berharap, inovasi ini diharapkan dapat membantu meningkatkan jumlah penghimpunan zakat, khususnya di Banten.

“Dompet Dhuafa terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada muzaki dan donatur. Tugas kita tidak hanya menghimpun dan menyalurkan zakat, tapi juga ada tanggung jawab menyampaikan syiar zakat kepada masyarakat, terutama kepada anak-anak muda yang sudah berpenghasilan dan belum terlalu mengerti akan kewajiban berzakat,” kata Setiawan.

Layanan kalkulator zakat online Dompet Dhuafa Banten menghadirkan dua jenis penghitungan zakat, yaitu kalkulator zakat penghasilan dan kalkulator zakat harta simpanan.

Kalkulator zakat penghasilan, kata Setiawan, dapat dimanfaatkan oleh para pekerja muda dengan penghasilan yang sudah mencapai nisab, namun masing bingung cara menghitung zakatnya.

“Kebanyakan kita kalau bicara zakat, lebih banyak tahunya zakat fitrah yang dibayar di bulan Ramadhan saja. Padahal, tabungan, emas, investasi, dan hasil pertanian, bahkan toko online pun wajib dikeluarkan zakatnya. Di layanan kalkulator zakat online kami juga hadirkan fitur untuk menghitung zakat itu,” pungkas Setiawan. (Aas Arbi)