Maskot KPU Kota Serang Terinspirasi dari Itik Damiaking

0
128
Novan Noordiyanto, pemenang pertama Sayembara Maskot KPU Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Serang 2018.

SERANG – Novan Noordiyanto, pemenang pertama Sayembara Maskot KPU Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Serang 2018, rupanya terinspirasi membuat maskot dari bebek damiaking, itik yang dibudidayakan di Kota Serang dan wilayah Banten lainnya.

Kang Damlih, sebutan ikon baru KPU Kota Serang itu di-launching, Senin (18/9) di Kebon Kubil, Cipocokjaya, Kota Serang.

“Bentuknya langsing, pakai baju adat khas Serang. Lucu, tapi tak selucu orangnya,” ujar mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta usai menerima penghargaan sebagai pemenang.

Dikatakan, maskot yang ia desain menggunakan pemilihan visual impresi, asosiasi, dan sebagainya. Utamanya dari itik damiaking. “Saya tidak tahu itik damiaking menjadi fauna resmi. Saya cari refrensi dari hasil media,” paparnya.

Dari segi pemilihan pakaian, lanjut dia, mengadaptasi pakaian Kang dan Nong Serang yang menggunakan bawah sarung dan ikat tali. “Warna jingga ini, warna pavorit KPU,” ujarnya.

Desain maskot yang ia buat menunjukan keramah-tamahan untuk menarik masyarakat sebanyak-banyak berkunjung ke TPS saat Pilkada 2018 mendatang.

“Desain saya buat segmentasi karakter muda untuk mengajak berpartisipasi aktif di Pilkada 2018 mendatang,” ucapnya.

Ia menganggap anak muda cenderung antipati terhadap politik Sehinggaia merasa maskot Kang Damlih sangat pas untuk dijadikan ikon Pilkada Kota Serang dan mempersuasi anak muda di Kota Serang ikut berpartisipasi aktif pada tahapan Pilkada 2018. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmaul.com).