BURIRAM, Thailand – Gita Surosowan Banten masuk ke tiga besar perlombaan Street Parade Marching Band pada Thailand World Music Championship 2014 di i-Stadium, Buriram, Thailand. Dengan begitu, Gita Surosowan Banten akan menjalani dua final pada sore hari ini, yaitu Street Parade dan kelas paling bergengsi Marching Band Show.

Pelatih dan Arranger Gita Surosowan Banten Priyo Jatmiko kepada Krisna Widi Aria dari radarbanten.com menyatakan sangat puas dengan hasil yang diperoleh GSB dalam street parade. “Ini baru pertama kali kami ikut street parade. Kami aja kemarin baru liat-liat dan mempelajari. Tapi ternyata hasilnya sangat melebihi ekspektasi kami. Saya salut sama semangat teman-teman personel,” kata Priyo di Buriram, Sabtu (6/12) pagi.

Priyo berharap apa yang telah dicapai oleh personel GSB bisa lebih ditingkatkan lagi pada final yang akan dilaksanakan sore ini. “Marching Band Show adalah pertandingan bergengsi yang akan menjadi penentuan sejauh mana pencapaian kami selama ini. Semoga saja semua bisa lebih membanggakan,” kata Priyo.

Dalam menghadapi Final Marching Band Show sore ini, Priyo mengaku sudah lebih optimis karena selama dua hari tim pelatih sudah terus mengevaluasi dan meningkatkan apa yang dipandang sebagai kekurangan pada babak sebelumnya.

“Colour guard kita sudah bikin konfigurasi baru. Selama ini kan memang kebanyakan framing, nah sekarang dicoba untuk lebih blending dengan alat musik. Lalu soal teknik tiup pada brass juga sudah terus di-improve. Itu semua hasil masukan dari komentar juri loh,” jelas Priyo.

Optimisme Priyo memang cukup beralasan karena sejumlah juri yang berasal dari Amerika Serikat sudah memberi komentar yang baik pada performance GSB. Diceritakan Priyo, juri dari Amerika Serikat sangat memuji komposisi musik dan aransemen yang dimainkan GSB. “Juri Amerika komentar kalau musik GSB begitu penuh warna dan dianggap sebagai nuansa baru bagi perkembangan musik marching band,” jelas Priyo.

Di sisi lain, Priyo juga mengatakan bahwa General Effect yang merupakan salah satu poin penilaian penting, masih menjadi persoalan krusial bagi GSB. “Komentar juri menjadi masukan yang sangat berharga bagi kami. Untuk itu memang kami dua hari ini improve terus agar General Effect meningkat. Tapi ya kita juga kan harus lihat kemampuan teman-teman. Masa harus screaming terus, kan capek,” katanya.

Tapi pada prinsipnya, Priyo kembali meyakinkan bahwa sore ini GSB sudah siap lahir dan batin menghadapi final Marching Band Show. “Pressure sudah agak berkurang dengan kepastian tiket dunia di tangan. Sekarang mah teman-teman tinggal bermain dengan penuh kegembiraan. Insya Allah kami tampil baik. Mohon doanya,” kata Priyo.

Optimisme juga dinyatakan Band Director Gita Surosowan Banten Haridoyo, yang menyatakan bahwa sore ini diharapkan GSB bisa mengungguli nilai yang didapat Marching Band North East Tecnologi College. “Iya,Insya Allah nanti kita bisa unggul dari mereka. Atau paling tidak ya mempersempit jarak angkanya,” kata Haridoyo.****