penandatagananSERANG – Memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), usaha di bidang pariwisata harus bersertifikat dan terdaftar. Hal tersebut diungkapkan oleh Asisten Deputi Industri Pariwisata dari Kementrian Pariwisata, Arius Santun setelah mengisi acara desiminasi di hotel Ledian, Kamis (18/2/2016).

“Setiapa usaha yang bergelut di kepariwisataan harus mempunyai TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata), itu dipandang perlu dalam masa Masyarakat Ekonomi ASEAN,” papar Arius kepada awak media.

Untuk SDM yang bergelut di Pariwisata, lanjut Arius harus bersertifikasi, ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas  baik SDM maupun usaha di bidang pariwisata. “Kabupaten kota (Dinas Pariwisata) nanti yang akan merekomendasikan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Provinsi Banten, Opar Sohari mengatakan, hadapi MEA, Pemprov Banten terus berupaya meningkatkan kualitas Pariwisata di berbagai unsur, Diantaranya SDM dan usahanya.

“Kita terus berupaya memberikan pembekalan-pembekalan, dan upaya lain untuk Pariwisata, seperti desiminasi selama tiga hari,” ujarnya. (Bayu)