Masuki Usia Ke-66, Satpol PP Siap Jaga Ketentraman Banten

Satpol PP Provinsi Banten

Satpol PP
Suasana pelaksanaan apel siaga Satpol PP.

SERANG – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) saat ini memasuki usia ke-66. Di usia lembaga tersebut, Satpol PP Provinsi Banten mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan apel siaga yang diikuti oleh ribuan personel Satpol PP dari Provinsi Banten, DKI Jakarta, dan Provinsi Jawa Barat.

Agenda tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Gubernur Banten Rano Karno, Sekda Banten Ranta Soeharta, dan sejumlah pejabat lainnya.

Kepala Satpol PP Provinsi Banten, M Basri mengatakan, Satpol PP Provinsi Banten sangat siap untuk menjaga ketentraman masyarakat di Provinsi Banten. “Kami selalu siap menjaga ketentraman masyarakat, apalagi tadi Pak Menteri (Tjahjo Kumolo,-red) sudah memberikan arahan,” ujarnya saat ditemui setelah apel siaga di Alun-alun Serang, Senin (15/2/2016).

Basri pun mengaku, siap menjalani amanat dan permintaan Mendagri untuk menjaga Provinsi Banten dari kelompok radikal dan faham-faham lain yang bisa memecah kesatuan dan persatuan bangsa.

Sementara itu, Mendagri Tjahjo Kumolo meminta kepada Satpol PP untuk melakukan dan mengedepankan upaya-upaya pendekatan sosio-kultural untuk mendukung upaya deradikalisasi yang sedang diupayakan oleh Pemerintah Pusat.

“Dengan mengedepankan upaya pendekatan sosio-kultural dan melakukan upaya preemptive dan preventif yang dilakukan secara terus menerus, kepercayaan publik terhadap pemerintah akan tetap terbangun,” ujarnya saat menjadi Pembina Apel pada Gelar Apel Siaga dan Pasukan Dalam Rangka Mendukung Upaya Deradikalisasi di Alun-alun Kota Serang, Senin (15/2/2016).

Tjahjo pun meminta kepada gubernur dan kepala daerah lainnya, untuk mendorong jajaran yang berada di bawahnya agar proaktif memberikan rasa aman pada seluruh warga.

“Satuan Polisi Pamong Praja ada untuk membantu kepala daerah, Satpol PP harus terus menerus mewujudkan dan menjaga kondisi tertib dan tentram serta memberikan perlindungan kepada masyarakat,” ujarnya. (ADVERTORIAL/SATPOL PP BANTEN/Bayu)