Masyarakat Banten, Masyarakat yang Pancasilais

0
261 views
Gubernur Banten Wahidin Halim saat diwawancarai sesuai deklarasi Pembumian Pancasila di Bumi Banten di UIN Banten, Kamis (16/10/2020).

SERANG – Gubernur Banten Wahidin Halim menegaskan bahwa masyarakat Banten adalah masyarakat yang Pancasilais. Sebab nilai-nilai Pancasila sudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Banten.

“Sejak zaman kesultanan Banten, warga Banten sudah Pancasilais. Buktinya di sini kami bisa hidup berdampingan secara damai,” kata Gubernur seusai menghadiri Deklarasi Pembumian Pancasila di Bumi Banten di kampus UIN SMH Banten, Kamis (16/10/2020).

Kata WH, tidak ada konflik SARA yang pecah di Banten. Sebab masyarakat Banten dapat hidup berdampingan meski berbeda beda suku, agama, dan ras.

“Tempat ibadah di sini juga berdekatan satu sama lain. Dan selama ini tidak ada masalah, kami bisa hidup rukun,” tegasnya.

Terkait masa pandemi saat ini, sambung WH, warga harus bergotong-royong, saling toleransi, dan saling tolong menolong.

“Memakai masker, menjaga jarak itu juga bentuk saling tolong. Kita menolong kerabat kita, saudara kita agar tidak tertular makanya kita memakai masker, ” ujarnya lagi. (alt)