Masyarakat Cilegon Antusias Saksikan Gerhana Matahari

GMT
Foto: Ade F

CILEGON – Walaupun Provinsi Banten tidak termasuk ke dalam daerah yang dilewati gerhana matahari total (GMT), namun sejumlah masyarakat Cilegon juga ikut menyaksikan dan mengamati fenomena yang jarang terjadi tersebut. Pasalnya, gerhana matahari total hanya muncul setiap 30 tahun sekali.

Hal itu dilakukan pada salah satu Yayasan Perguruan Islam Al Jauharotunnaqiyah, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Rabu (9/3/2016). Pantauan di lokasi, para jajaran staff dan pengelola yayasan ikut mengamati gerhana matahari. Sejumlah pelajar pun secara bergantian ikut mengamati fenomena alam tersebut. Mereka menggunakan teropong atau teleskop yang dimiliki yayasan tersebut.

Alhamdulillah kita memiliki alat teropong ini. Karena dengan bantuan alat ini, kami dan sejumlah para siswa yang hadir dapat menikmati dan mengamati fenomena yang luar biasa ini. Kejadian ini sangat langka dan munculnya pun ratusan tahun sekali. Jadi kita tak mau melewatkan momen terbaik ini,” kata Irsyad Hambali, Ketua Yayasan Perguruan Islam Al Jauharotunnaqiyah usai mengamati gerhana matahari.

Menurutnya, yayasan ini selain mengamati fenomena gerhana matahari, sekolah ini juga sering mengamati fenomena alam lain. Seperti gerhana bulan, pengamatan hilal dan pengamatan lainnya. “Tadi kami juga shalat gerhana bersama ratusan siswa di aula. Hal ini sebagai bukti syukur kami dalam menyikapi fenomena ini,” ujarnya. (Ade Faturohman)