Masyarakat Punya Peranan Penting untuk Wujudkan Ketentraman

DPRD Provinsi Banten

DPRD Provinsi Banten

SERANG – Untuk mewujudkan ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat, tidak cukup dengan mengandalkan peran serta pemerintah, masyarakat sebagai objek dan sekaligus pelaku berperan sangat penting dalam mewujudkan hal-hal tersebut.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten, Ali Zamroni dalam acara Forum Dialog Pimpinan DPRD Provinsi Banten dengan tema Peran Masyarakat Dalam Mewujudkan Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat, di hotel Imperial Aryaduta, Jumat-Sabtu (12-13/2/2016).

Ali melanjutkan, peran serta masyarakat menjadi penting karena masyarakat merupakan elemen yang paling riskan dan dekat dengan aspek-aspek yang bisa mewujudkan hal tersebut. Selain itu, dengan keterbatasannya aparatur pemerintahan, membuat peran serta masyarakat semakin sangat penting.

“Di Bandung ada ‘Tombol Panik’ yang bisa ditekan oleh masyarakat yang tengah membutuhkan, di Banten bisa diwujudkan hal tersebut namun harus dikaji terlebih dahulu teknisnya seperti apa, atau bisa dengan sikap pro aktif masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Provinsi Banten, Muhammad Basri, mengatakan, prinsipnya Satpol PP selalu siap melayani masyarakat, namun seperti yang diungkapkan Ali, keterbatasan personel bisa dimanfaatkan oleh oknum yang bisa merusak ketentraman dan ketertiban umum,” ujarnya.

Basri mengaku sangat membutuhkan peran serta masyarakat, agar kinerja Satpol PP sebagai bagian lembaga yang memberikan kemanan dan perlindungan masyarakat. “Dengan adanya laporan dari masyarakat kita bisa langsung bertindak, tapi jika dengan peran aktif masyarakat bisa dilakukan langkah antisipasi,” ujarnya. (DPRD Provinsi Banten/ADVERTORIAL/Bayu)