Setelah absen selama sekira empat bulan, program talkshow Mata Najwa kembali mengudara tadi malam. Hanya, program yang dibawakan Najwa Shihab itu tak lagi tayang di Metro TV, melainkan di TRANS7.

Sebelumnya, program serupa berjudul Catatan Najwa lebih dulu tayang di kanal YouTube Najwa Shihab. Konsep acara tetap sama walaupun kanalnya berbeda. Yakni, acara bincang-bincang yang mengupas berbagai isu relevan masa kini. Mulai politik, sosial, budaya, dan banyak hal lain. Walau terkesan ‘berat’, topik akan disajikan dengan cara yang asyik dan menghibur.

Pada Rabu malam (10/1), Mata Najwa tayang perdana di TRANS7. Syuting dilakukan di Balai Sarbini, Semanggi, Jakarta Selatan. Sebagai episode perdana, Najwa sebagai tuan rumah Mata Najwa menghadirkan para narasumber kelas A.

Mereka adalah Wakil Presiden Jusuf Kalla, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Selain itu, ada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, dan Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi.

Pukul 20.00 WIB, Najwa membuka acara. “Selamat hari Rabu, hari rindu. Rindu itu akhirnya terpenuhi malam ini,” sapa Najwa kepada para penggemarnya yang sudah kangen. Dia sangat senang bisa menyapa kembali para penonton, baik di studio maupun di rumah, lewat siaran televisi.

Tema episode perdana adalah Indonesia Rumah Kita. Tahun ini, Indonesia memasuki tahun politik dengan diadakannya pilkada di berbagai daerah.

Belum lagi, pada Agustus, pencalonan presiden untuk Pemilu 2019 akan dimulai. Persaingan politik tentu melahirkan perbedaan kepentingan dan pendapat. Walaupun demikian, perdamaian dan keamanan Indonesia sebagai rumah bangsa Indonesia harus dijaga.

“Semoga demokrasi dan politik bisa berjalan secara teduh alih-alih menakutkan,” ujar Najwa.

Suasana acara pun berlangsung hangat dan asyik. Misalnya, saat segmen Tito dan Hadi. Keduanya tampak sangat akrab. Sebelum memulai perbincangan tentang keamanan di tahun politik, Najwa memotret keduanya dan mengunggah foto ke Twitter. “Nanti biarkan netizen yang memberikan komentar,” kata Najwa yang disambut tawa audiens. (JPG/RBG)