Mau Awasi Pengadaan Barang dan Jasa, Warga Cilegon Bisa Kunjungi Website Ini

0
849 views
ilustrasi (foto: istimewa)

CILEGON – Masyarakat Kota Cilegon telah dapat memantau dan mengawasi pengadaan barang dan jasa yang dilakukan oleh Pemkot Cilegon. Melalui website resminya Sirup (sistem informasi rencana umum pengadaan) atau bisa diakses melalui kata kunciĀ Sirup.lkpp.go.id.

Asisten Daerah II Sekda Kota Cilegon Beatry Noviana saat gelaran pembinaan admin rencana umum pengadaan (RUP) dilingkungan Pemerintah Kota Cilegon yang diadakan oleh Badan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Kota Cilegon mengatakan diterapkannya SIRUP mengacu pada Peraturan Presiden RI nomor 4 Tahun 2015 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah.

“Pengadaan berbasis elektronik ini memiliki sifat transparansi dan akuntabilitas sehingga siapapun bisa melakukan pengawasan,” katanya, Kamis (20/7).

Beatry memastikan dengan adanya Sirup akan mencegah kondisi-kondisi yang tidak diinginkan seperti korupsi, kolusi dan nepotiame yang biasanya terjadi dalam setiap pengadaan dilingkungan pemerintahan.

“Karena trasparan maka mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dalam membelenjakan uang negara atau APBD,” ujarnya.

Selain itu pengadaan berbasis elektronik akan memberikan dampak efiaiensi dan efektifitas terhadap kerja aparatur karena bisa menghemat waktu dan semakin sedikitnya dokumen fisik yang digunakan. “Waktu akan semakin efektif dan dokumen fisik yang dipakai akan semakin sedikit karena semuanya berbasis elektronik,” tuturnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)