Mau Jago Masak? Bisa Kursus di Banten Cooking Class

Banten Cooking Class
Peserta Banten Cooking Class usai latihan bersama. (Foto: Susi K)

SERANG – Saat ini, bisnis kuliner semakin berkembang pesat. Salah satunya di Kota Serang yang terus bertambah mulai dari rumah makan, restoran, hingga kafe yang cocok untuk ‘nongkrong cantik’.

Dengan terus tumbuhnya bisnis kuliner, tidak terlepas dari keberadaan tempat kursus memasak. Misalnya, Banten Cooking Class yang hadir sejak empat tahun lalu. Tempat kursus ini berhasil mencetak puluhan pengusaha kuliner yang tersebar di Kota Serang dan sekitarnya.

Pemilik BCC Detty Meriyanti mengatakan, saat ini semakin banyak masyarakat terutama wanita yang belajar kursus kuliner. Peminat tidak hanya bertujuan untuk bisa buka usaha, tetapi dari kalangan ibu rumah tangga juga. “Kalau ibu rumah tangga agar bisa menyajikan makanan untuk keluarga tercinta dengan menu yang istimewa dan beragam,” katanya kepada Harian Radar Banten.

Kata dia, di BCC tersedia berbagai paket untuk bisa belajar kursus kuliner mulai dari Rp200 ribu hingga Rp1 juta. Paket Rp200 ribu, biasanya latihan bersama dengan empat kali pertemuan dalam seminggu. Sementara, yang privat tiga kali pertemuan dalam seminggu. “Kalau privat, bisa pilih materi apa yang ingin dipelajari,” katanya.

Kata Detty, harga paket kursus yang ditawarkan tidak terlalu mahal karena hanya untuk pengganti bahan dan bayar instruktur. “Kami menawarkan biaya terjangkau, tapi bisa tetap bersama-sama mendapatkan ilmu,” katanya.

Dengan belajar langsung dan praktik, kursus ini lebih efektif dibandingkan membaca resep di majalah, internet, dan buku. Lewat kursus akan dijelaskan secara detail satu per satu mengenai bahan dan prosesnya. Selain itu, ada interaksi langsung dengan peserta. “Bisa langsung tanya jawab, jika ada hal yang kurang dipahami,” katanya.

Kursus ini memberikan manfaat bagi peserta yang ingin membuka usaha. Peserta kursus bisa mendapatkan informasi harga dari kue atau masakan yang dibuat, berapa harga jual, bagaimana cara promosi, dan bagaimana cara mengambil modal, dan lainnya. (RB/skn/dwi)