Mau Tukar Uang untuk Lebaran? Segera Datangi Bank

Teller BNI Serang melayani nasabah yang menukarkan uang, Selasa (5/5).

SERANG – Sejumlah perbankan mulai melayani penukaran uang pecahan kecil untuk keperluan Lebaran, seperti BNI, BTN, BRI, dan lainnya. Uang pecahan kecil ini biasanya dijadikan angpau bagi sanak keluarga saat Lebaran.

Pemimpin BNI BNI Kantor Cabang Serang Serang Rahmanto mengungkapkan, mulai melayani penukaran uang sejak Senin (4/5). Bagi masyarakat yang ingin menukarkan bisa langsung datang ke outlet BNI. “Datang pada hari kerja dan jam operasional selama Ramadan yakni pukul 09.00 hingga 14.00 WIB,” katanya, Selasa (5/5).

Pemimpin Bidang Pelayanan Nasabah BNI KC Serang Drajat Rahdian mengatakan, penukaran uang pecahan baru di BNI KC Serang dilakukan sejak 4 Mei 2020 dan bisa dilakukan di semua outlet. Beberapa outlet BNI antara lain di Kragilan, Cikande, Serang City, Labuan, Rangkasbitung, dan Pandeglang.  “Penukaran ini berlaku bagi nasabah dan non nasabah,” katanya.

Ia menuturkan, pada hari pertama penukaran belum terlalu ramai. Nasabah yang menukarkan uang dibatasi hingga Rp3,7 juta. Sementara nominal uang yang banyak ditukarkan yakni pecahan Rp5.000.

Sementara Bank Panin Kantor Cabang Utama Serang Muhammad Rony Rochim akan mulai melayani penukaran uang pada pekan ini. “Rencananya minggu ini, tetapi nasabah yang pesan sudah banyak,” katanya.

Kata Rony, Bank Panin KCU Serang memberikan pelayanan penukaran uang kepada nasabah dan non nasabah. Untuk itu, nasabah yang membutuhkan uang pecahan baik besar maupun kecil bisa datang langsung ke Bank Panin.

Ia memperkirakan, jumlah penukaran uang pada tahun mengalami penurunan akibat corona. “Tapi persentasenya belum tahu berapa jumlah penurunannya,” katanya.

Bank bjb Kantor Cabang Khusus (KCK) Banten juga akan mulai melayani penukaran uang bagi nasabah dan masyarakat pada pekan depan. “Insya Allah minggu depan bisa dimulai penukarannya,” kata Pemimpin Bank bjb KCK Banten Budiatmo Sudradjat.

Ia menuturkan, saat ini, Bank bjb KCK Banten sedang mempersiapkan mekanisme penukaran mengingat tidak ada pelayanan tukar uang di fasilitas umum. (Susi K)