Mau Turunkan Kolesterol? Cobalah Beberapa Makanan Ini

Gooseberry India
Gooseberry India/ Inet

Kolesterol bisa dikategorikan menjadi dua yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol baik atau HDL justru sangat penting peranannya dalam tubuh terutama untuk membantu penyerapan asam lemak esensial dan juga memproduksi hormon-hormon seks, seperti dilansir laman jpnn.com.

Namun yang wajib dihindari ialah kolesterol jahat atau LDL yang bisa menyebabkan penimbunan lemak pada pembuluh darah yang kemudian bisa memicu timbulnya serangan jantung.

Berikut adalah beberapa makanan penurun kolesterol jahat yang mungkin mengejutkan Anda, seperti dilansir laman Fox News, Rabu (10/2/2016).

1. Gooseberry India

Gooseberry India, juga dikenal sebagai alma adalah buah bulat, berwarna hijau yang memiliki rasa asam, pahit dan cukup berserat. Pohon ini tumbuh di India, Timur Tengah dan beberapa negara Asia tenggara. Gooseberry India telah digunakan dalam pengobatan Ayurvedic selama ribuan tahun.

Buah ini bekerja dengan mengurangi kadar kolesterol total, termasuk asam lemak yang disebut trigliserida tanpa memengaruhi kadar HDL (kolesterol baik). Selain itu, dalam studi 12-minggu yang diterbitkan dalam Journal of Medical Food, peserta diberi ekstrak India Gooseberry secara signifikan mampu mengurangi LDL (buruk), kadar kolesterol mereka.

2. Barley

Banyak dokter telah memuji manfaat oatmeal untuk membantu menurunkan kadar kolesterol darah, tetapi jarang kita mendengar tentang butir sehat lain yang disebut barley. Seperti oatmeal, barley tinggi serat yang membantu untuk mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam darah.

3. Alpukat

Alpukat mampu mengurangi kadar kolesterol darah.

4. Stroberi

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Nutrition menemukan bahwa wanita yang minum jus stroberi (sama dengan sekitar tiga setengah cangkir stroberi segar) tiga kali seminggu menunjukkan penurunan yang signifikan dalam kadar kolesterol pada minggu keempat pembelajaran.

5. Probiotik

Mikroorganisme hidup (bakteri alami dalam usus) yang disebut probiotik diduga memiliki efek menguntungkan pada kesehatan usus dan baru-baru kadar kolesterol. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi yogurt dengan sifat probiotik menunjukkan penurunan lebih besar dalam kadar kolesterol darah dibandingkan mereka yang mengonsumsi yogurt rendah lemak biasa selama 12 minggu.

6. Anggur

Polifenol dan resveratrol yang ditemukan dalam anggur merah maupun buah anggur menyediakan nutrisi pelindung jantung lainnya termasuk vitamin C, vitamin B6, kalium, dan flavonoid.

Nutrisi ini mempromosikan tekanan darah yang sehat, mengurangi LDL (kolesterol jahat), memberikan efek anti-inflamasi dan membantu pompa darah Anda. (fny/fri/jpnn/RB Online)