Tim BPJS Kesehatan di Pelabuhan Merak.

SERANG – Posko Kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Pelabuhan Merak pada H-7 sampai H+7 Lebaran di manfaatkan oleh pemudik untuk memeriksakan kesehatannya. Dari 85 pengunjung, sebagian besar menderita infeksi saluran pernafasan atas (ISPA).

“Sedikitnya ada 85 warga datang ke posko di Merak. Keluhannya beragam, mulai dari pegal-pegal hingga dehidrasi yang membutuhkan penanganan serius. Kami mendiagnosa sekitar 10 orang menderita ISPA,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Serang Elisa Adam kepada RadarBanten Online, Jumat (15/7/2016).

Dari data yang diperoleh, kata Elisa, ada juga yang menderita arthritis, gastritis, chepalgia, hipotensi, dan lainnya. Ada satu orang yang rujuk karena diare dan dehidrasi. Sisanya hanya berikan obat atau terapi sesuai diagnosa.

Pemudik yang datang ke Posko BPJS Kesehatan tidak hanya warga Banten, juga Bandung, Jakarta, dan Cilacap, Jawa Tengah. “Di posko kami menyediakan beberapa fasilitas yang menunjang untuk pemudik, makanya warga tidak hanya mengecek kesehatan tapi bisa juga relaksasi sebelum melanjutkan perjalanan,” katanya.

Elisa menambahkan, bila Posko BPJS Kesehatan di Merak dijaga dua dokter dan dua perawat yang standby 24 jam. Mereka terbagi dua shift. “Kami membuka seluas-luasnya posko baik itu kepada peserta maupun warga yang belum menjadi peserta,” katanya. (Fauzan Dardiri)