Salah satu atlet asal Kabupaten Tangerang sedang membidik bola pada kompetisi Kejurda Biliar Banten 2018.

SERANG – Biliar menjadi salah satu cabang olahraga (cabor) yang dilirik untuk mengantarkan kota dan kabupaten meraih juara umum pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten November mendatang. Itu dilihat dari banyaknya jumlah medali emas yang tersedia di cabor biliar.

Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Biliar Banten Jhon Hendrik mengungkapkan, sebanyak 32 medali emas akan diperebutkan pada cabor biliar. Banyaknya medali emas yang disiapkan panitia tersebut diharapkan menjadi motivasi para atlet dalam bertanding.

“Cabor biliar sudah disetujui untuk dipertandingkan dalam Porprov Banten 2018. Ada 32 medali emas yang akan diperebutkan untuk para atlet dari delapan kabupaten kota se-Provinsi Banten,” ujar Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Banten Jhon Hendrik, kemarin.

Jhon menjelaskan, tidak ada batas batasan usia bagi para atlet biliar yang hendak ikut serta pada pesta olahraga terbesar di Banten tersebut. Namun, ia memastikan jika pendaftarannya dibuka melalui sistem online. “Nanti didata by name dan by addres-nya, sistem online,” ucapnya.

Ia mengatakan, para atlet yang mendaftar harus berdomisili di Banten. Pihak panitia nanti akan melakukan pemeriksaan identitas guna memastikan tidak ada atlet gelap atau atlet cabutan. “Nanti ada pengawasannya. Acuannya ada di KTP, syaratnya dari Banten,” kata Jhon.

Meski diharuskan atlet dari Banten, bukan berarti atlet dari luar daerah tidak boleh andil dalam Porprov Banten. Atlet luar yang ingin ikut dalam Porprov diharuskan telah memenuhi syarat mutasi dari daerahnya. “Mutasi itu diperbolehkan, tapi ada syarat pembinaan di sini. Kalau ujug-ujug ikut di Porprov Banten tidak ada surat mutasi, kita akan diskualifikasi,” ujarnya.

Sebelumnya, pada Kejurda Biliar Banten 2018 Kabupaten Tangerang sukses meraih juara umum. Ketua Pengcab POBSI Kabuaten Tangerang Zaenab Natalia mengaku target selanjutnya ialah menjadi juara di Porprov V Banten.

“Apalagi, kita yang akan menjadi tuan rumah di porprov nanti. Tentunya target kita untuk juara. Kan ketemunya ini-ini juga,” katanya usai pelaksanaan kejurda yang berlangsung di Kota Serang, pada 29 Juli. (rbs/ibm/dwi)