Megawati Klaim Ikut Andil dalam Berdirinya Provinsi Banten

0
570 views

TANGERANG – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri mengklaim ikut andil dalam berdirinya Provinsi Banten. Hal tersebut diungkapkan putri Presiden Pertama Indonesia Soekarno dalam acara kampanye akbar pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Rano Karno dan Embay Mulya Syarief di Lapangan Sunburst, Tangerang Selatan, Sabtu (4/2).

Yang menjadi dasar klaim tersebut yaitu karena pada masa Megawati menjadi Presiden RI, Banten sah menjadi provinsi setelah melewati proses yang sangat panjang.

“Saya Presiden Indonesia yang membuat (merestui) Provinsi Banten ini,” ujar Mega.

Dalam kesempatan tersebut, Megawati memaparkan alasannya merestui Tanah Jawara ini menjadi provinsi, dengan menggunakan latar belakang sejarah, Megawati menuturkan,  masyarakat Banten mempunyai semangat juang dan nasionalisme yang tinggi, yang menginginkan daerahnya lepas dari penjajahan dengan peristiwa Pemberontakan Petani Banten tahun 1888.

“Sikap masyarakat Banten zaman penjajahan terdahulu, saat perjuangan kemerdekaan dulu, sangat terkenal dengan pemberontakan Petani Banten. Karena mereka ingin merdeka, tidak ingin dijajah, tidak ingin hasil padinya di ambil penjajah,” ungkapnya.

Dengan dasar itu, Mega merestui pembentukan Provinsi Banten. Dengan dasar itu juga, Mega pun meminta kepada masyarakat Banten untuk memilih gubernur yang bijaksana, yang tidak menjajah rakyat Banten dengan korupsi.

Diketahui, Megawati sendiri merupakan Presiden Indonesia ke-5 yang menjabat sejak 23 Juli 2001 sampai 20 Oktober 2004. Banten sendiri berdiri pada tahun 2000 silam dengan keputusan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000. (Bayu)