Mei 2020 Dilakukan Pendataan Keluarga

0
1.045 views


SERANG – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) akan melakukan pendataan keluarga secara nasional pada tahun 2020. Pendataan keluarga ini untuk memotret program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga (KKBPK) selama lima tahun terakhir.

“Pendataan keluarga lima tahun sekali, terakhir tahun 2015 lalu. Tahun 2020 akan dilaksanakan pada 1 hingga 31 Mei,” kata Direktur Pelaporan dan Statistik BKKN Rudy Budiman usai memberikan materi pada Jambore Pengelolaan Data dan Informasi yang diselenggarakan BKKBN Banten di Kota Serang, Kamis (28/11).

Rudi menjelaskan, pendataan keluarga difokuskan pada daerah legokan atau desa yang antara lain tingkat partisipasi dan pelayanan KB masih rendah. Fokus nasional di 28 provinsi yaitu di 10.588 desa dan 10.817.974 kepala keluarga. Di Banten dilakukan kepada 680.391 kepala keluarga di 237 desa. “Pendataan dilakukan kader KB dan petugas lapangan KB atau PLKB,” ungkap Rudi didampingi Plh Kepala Bidang Advokasi Pergerakan dan Informasi BKKBN Banten Nafis.

Rudy memastikan, di lapangan pihaknya akan memotret apa adanya dari sejumlah indikator. Data riil tersebut nantinya untuk memudahkan pemerintah dalam melakukan intervensi program. “Data itu dapat digunakan oleh instansi lain. Yang butuh silakan. Kan ada indikatornya,” ungkapnya.

Misalnya, lanjut dia, indikator pembangunan keluarga dan indikator KB. Di suatu desa apakah sudah banyak pelayanan KB atau banyak yang ingin ber-KB tapi tidak terlayani. Kemudian  apakah PLKB-nya melakukan kegiatan atau pembinaan.

“Termasuk mendata angka kelahiran dan apakah anak yang sudah lahir ada akta kelahirannya atau tidak. Nanti data ini juga jadi bahan masukan untuk Dukcapil. Jadi saling suplai data,” jelas Rudy.

Dari pendataan keluarga ini, pihaknya ingin program KB terus membaik, bak dari kepsertaan maupun dari aspek kualitas. Begitu pula dari model kontraspesi yang digunakan masyarakat. (aas)