Mekanisme Berobat Pakai KTP Dibuat Sederhana, WH: Tidak Perlu Rujukan

0
86

SERANG – Pemerintah Provinsi Banten berencana akan membuat mekanisme berobat hanya dengan menunjukan kartu tanda penduduk (KTP) sederhana, agar masyarakat tidak mengalami kesulitan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, bahkan, dalam menikmati program tersebut masyarakat tidak perlu meminta surat rujukan ke puskesmas atau klinik. Bisa datang langsung ke rumah sakit.

“Sekarang sedang disusun mekanismenya,” kata WH setelah menghadiri rapat paripurna di kantor DPRD Provinsi Banten, Kamis (23/11).

Menurut WH, surat rujukan akan menghambat masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Sedangkan penanganan medis tidak bisa ditunda-tunda.

“Orang sakit gima harus ada rujukan, kalau puskesmasnya tutup, hari Minggu, gimana? Terkapar dia, mati dia,” kata WH.

Menurut WH mekanisme sederhana tidak akan membuat pelayanan rumah sakit semakin padat dengan membeludaknya pasien. Menurutnya, mekanisme sederhana dibuat agar masyarakat yang sedang sakit bisa segera diobati dan tidak terhalang regulasi.

“Emang dia pengen masuk rumah sakit. Logikanya, orang kalau dapat tunjangan baru banyak yang datang, lah ini mah sakit, siapa yang mau sakit,” kata WH. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)