Melihat Aksi Arief-Sachrudin di Festival Cisadane

Sapa Warga di Atas Perahu Naga

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah (kanan) dan Sachrudin menaiki perahu naga ke panggung terapung saat pembukaan Festival Cisadane, Sabtu (25/8) malam.

TANGERANG – Festival Cisadane yang dibuka Sabtu (25/8) malam lalu, dan digelar hingga 1 September mendatang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dalam pembukaan tersebut perahu-perahu hias ikut menyemarakkan suasana pembukaan, berbagai jenis lampu warna-warni membuat semarak sungai Cisadane. Bahkan pelepasan ratusan lampion juga semakin menambah keindahan festival tahunan itu.

Pantauan Radar Banten, dalam pembukaan Festival Cisadane terlihat atraksi flying board. Setelah itu dilanjutkan dengan atraksi fire dance, tari topeng kelana, rumpagna harepan, tarian galura dan kembang saindah serta tayangan video mapping yang ditutup dengan kemeriahan pesta kembang api. Bahkan Walikota Arief R Wismansyah dan Wakil Walikota Tangerang Sachrudin terlihat menaiki perahu naga dan berkeliling sungai Cisadane menyapa warga yang menyaksikan festival.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, selama festival setiap malamnya pada pukul 19.45 WIB dan 20.45 WIB akan diputar video mapping di jembatan Berendeng yang menjadi ikon baru Kota Tangerang. ”Jadi tidak usah jauh-jauh ke Monas ya, di Tangerang juga udah ada lho,” katanya kepada awak media, Sabtu (25/8) malam lalu.

Ditambahkan, Festival Cisadane sengaja digelar malam hari untuk memberikan suguhan pada masyarakat Kota Tangerang berupa video mapping berlatar jembatan Berendeng. ”Saya ucapkan terima kasih kepada para OPD dan tim penyelenggara yang telah bekerja sama dan sama-sama bekerja untuk mewujudkan hal-hal yang luar bisa pada festival yang menjadi kebanggaan warga Kota Tangerang ini,” tambahnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Rina Hernaningsih menjelaskan, pemkot berupaya menyuguhkan hal yang berbau tradisional guna melestarikan dan memperkenalkan kekayaan hasanah budaya Indonesia. Namun tak ingin ketinggalan modernisasi dengan menyuguhkan hal-hal yang beraroma teknologi kekinian. ”Festival ini juga bakal dipenuhi berbagai agenda menarik lainnya, di antaranya mulai dari perlombaan tari, perahu hias, marching band, barongsai, pergelaran budaya Tangerang Beksi dan lainnya. Makanya ramaikan festivalnya,” imbuhnya. (Hairul Alwan/RBG)