Membahayakan! Jalan Tarogong-Labuan Ambles 60 Sentimeter

Jalan Rusak
Sejumlah kendaraan melintas di jalan Tarogong-Labuan, kemarin. (Foto: Herman)

LABUAN – Ruas jalan nasional Tarogong-Labuan yang berada di depan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Kampung Baleker, Desa Sukamaju, Kecamatan Labuan sekira sepanjang satu meter ambles. Kedalaman lubang pada jalan tersebut sekira enam puluh sentimeter.

Menurut warga sekitar, kondisi itu sudah terjadi sejak satu tahun lalu, walau sebelumnya hanya lubang kecil. Dikarenakan tidak langsung mendapat penanganan maka kerusakan pada ruas jalan tersebut pun terjadi. “Penyebab awalnya kami tidak tahu, soalnya sudah berlangsung lama. Hari demi hari, kerusakan jalan semakin parah,” kata Khudori, Kampung Baleker, Desa Sukamaju, Kecamatan Labuan, kepada Radar Banten, Kamis (21/1/2016).

Ia berharap, kerusakan ruas jalan itu segera ditangani. Sebab, selain menghambat akses transportasi menuju objek wisata Carita, juga bisa mengancam keselamatan para pengemudi roda dua dan roda empat. “Katanya sih, kerusakan jalan itu karena struktur tanahnya yang labil. Namun, ada sebagian lain kerusakan jalan akibat tak kuat menahan beban kendaraan, sementara kualitas pembangunan jalan buruk,” katanya.

Menurut Khudori, tak sedikit pengemudi roda dua yang terperosok lubang jalan tersebut. Untungnya, lanjut dia, tidak sampai menimbulkan korban jiwa. “Banyak pengendara motor yang terjatuh,” ungkapnya.

Dihubungi melalui telepon seluler, Camat Labuan Deny Subrata menerangkan, kondisi jalan yang ambles itu terjadi sejak awal 2015 lalu. Pihak kecamatan sebelumnya sudah menyampaikan usulan perbaikan kepada Pemkab Pandeglang, tetapi hingga kini hasilnya nol. “Katanya, usulan pengajuan dari Pemkab sudah diteruskan ke Pemprov Banten. Rencananya, perbaikan akan dilaksanakan tahun ini (2016-red),” kata Deny seraya mengatakan, warga Desa Sukamaju kerap bergotong royong memperbaiki kerusakan ruas jalan tersebut, tetapi selalu rusak. (RB/mg-05/zis/dwi)