Membangun Pojok Selfie di RT 03

SERANG – Pojok selfie masih menjadi impian warga RT 03 RW 05, Kelurahan Kotabaru, Kecamatan Serang. Warga baru saja merampungkan penataan tanaman bunga di sepanjang gang di RT di Lingkungan Magersari ini. Kesiapan RT 03 mengikuti Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 baru mencapai 30 persen.

Menurut Ketua RW 05 Dedi Mardani, lingkungan berbunga dan hijau yang menjadi konsep penataan lingkungan RT-nya, akan lebih indah jika dilengkapi pojok selfie. “Kebetulan spot-nya mendukung. Kanan-kiri jalan lingkungan kami diapit tembok ruko. Nah, spot itu akan kami manfaatkan untuk membuat lukisan mural atau lukisan tiga dimensi untuk menjadi spot berswafoto. Alhamdulillah, yang punya tembok sudah memberi izin untuk kami berkreasi,” jelasnya kepada Radar Banten, Rabu (29/4).

Pojok selfie juga direncanakan warga di sudut lain RT 03. Yakni, di sebuah tanah kosong. “Ada tanah kosong yang akan kami sulap menjadi taman bunga dan apotek hidup. Nanti, di salah satu pojoknya akan dibuat tempat selfie,” tutur Dedi.

Untuk mewujudkan rencananya, pengurus RT 03 dan warga akan menyiasati waktu untuk mengerjakannya. “Semua sudah tahu, saat ini tidak boleh kumpul-kumpul dulu. Tapi, program ini harus tetap jalan. Nah, kita harus menyiasati dengan mengerjakannya pada malam hari dan dibagi di beberapa titik agar tidak terjadi kerumunan warga,” jelas Dedi.

Ia mengatakan bahwa hanya RT-nya yang mewakili RW 05 mengikuti LRLA Kota Serang 2020. “Dari RW 05, yang ditunjuk kelurahan hanya RT 03. Jadi, kami fokus di penataan RT 03. Konsep dan rencananya sudah ada. Tinggal pelaksanaan,” katanya.

Sementara itu, Lurah Kotabaru Reza Kusuma mengakui, dari enam RT di kelurahannya yang ikut LRLA, baru RT 03 yang sudah memulai persiapan. “Lima RT lainnya, kami akui belum melakukan persiapan. Bukan apa-apa, mereka ada kekhawatiran atas peristiwa covid-19. Warga agak sedikit takut untuk keluar rumah,” terangnya.

Namun, Reza optimistis, lima RT lain di kelurahannya akan segera melakukan mempersiapkan diri untuk memeriahkan LRLA. “Kami beserta bhabinkamtibmas dan babinsa selalu memberi motivasi kepada warga untuk melakukan persiapan. Mudah-mudahan, setelah corona mereda, kami langsung tancap gas,” ucapnya. (dre/don)