Membangun Sawah Selfie di Cibetok

Konsep destinasi persawahan di Malang, Jatim, ini dicontoh oleh Pemerintah Desa Cibetok.

       TANGERANG – Wisata sawah. Konsep destinasi kekinian itu akan dibangun oleh Pemerintah Desa Cibetok, Kecamatan Gunungkaler, pertengahan tahun 2019. Sasarannya, generasi milenial.

       Kepala Desa Cibetok Aenilah Syarif menamai destinasi wisata itu Sawah Selfie. ”Luas wilayah desa kami 360 hektare dan mayoritas adalah pesawahan. Nah, kami sudah membuat master plan untuk tahun ini, yaitu pembuatan destinasi wisata Sawah Selfie. Itu akan dibangun di RT 010,” ujarnya kepada Tim Saba Desa Radar Banten, Senin (18/3). 

       Alasan pembangunan tempat wisata itu, ungkap Aenilah, lantaran di Kecamatan Gunungkaler belum ada satu pun destinasi wisata. Jika ingin berwisata, masyarakat harus pergi jauh. Karenanya, Pemerintah Desa Cibetok ingin memfasilitasi kebutuhan wisata bagi masyarakat Kecamatan Gunungkaler, khususnya Desa Cibetok dan sekitarnya.

Kepala Desa Cibetok Aenilah Syarif

       Pembangunan Sawah Selfie juga untuk membantu perekonomian masyarakat Desa Cibetok. Serta, mendapatkan pendapatan asli desa (PADes). ”Menurut saya, wisata ini salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian di desa kami. Dan tentunya, saya mohon bantuan dari berbagai pihak, khususnya elemen masyarakat Desa Cibetok agar pembangunan destinasi wisata ini terlaksana,” katanya.  

       Ia berharap, Desa Cibetok bisa berkembang setiap tahun. Sehingga, perekonomian masyarakatnya meningkat dan lebih sejahtera.

       ”Jika nanti wisata ini berjalan lancar dan Desa Cibetok mendapatkan PAD yang cukup dari situ, maka kami sebagai aparat desa tidak hanya mengandalkan anggaran dari pemerintah pusat maupun daerah saja. Tetapi, kami bisa memiliki anggaran sendiri dari PADes tadi,” jelas Aenilah yang juga menjabat Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kecamatan Gunungkaler.

       Sementara, Pendamping Desa Cibetok Rahmatullah meyakini, pembangun Sawah Selfie bakal terlaksana. Sebab, menurutnya, Kepala Desa Cibetok paling berkomitmen di antara kepala desa lain di Kecamatan Gunungkaler. Aenilah juga disebutkan memiliki jaringan luas.

       ”Kita kan diamanatkan oleh pemerintah pusat untuk membangun ekonomi perdesaan. Sebetulnya, realisasinya ingin tahun kemarin, sejak Cibetok jadi juara dua lomba desa se-Kabupaten Tangerang. Maka, tahun ini, (pembangunan Sawah Selfie-red) harus direalisasikan,” papar Rahmat.

       Saifudin (39) yang juga Pendamping Desa Cibetok Tingkat Kecamatan Gunungkaler juga menambahkan bahwa para pendamping desa membidik Desa Cibetok menjadi desa wisata. Hal ini didasarkan hasil analisa para pendamping desa.

       ”Desa Cibetok ini akan menjadi desa percontohan bagi desa-desa di Kecamatan Gunungkaler. Sebetulnya ada dua desa yang kami bidik untuk jadi desa wisata, tetapi kami belum melihat komitmen kepala desanya seperti apa,” tutup Saifudin. (pem/rb/sub)