Memotivasi Mewujudkan Mimpi, Studi Tur Luar Negeri Sudah Menanti

0
82

PANDEGLANG – Bukan hanya sekadar mendapatkan piala bergilir dan hadiah studi tur ke luar negeri, event Bintang Sains juga menjadi ajang silaturahmi dan memotivasi siswa untuk mewujudkan mimpi.

Demikian diungkapkan Bupati Pandeglang Irna Narulita saat sambutan babak grand final sekaligus penutupan Bintang Sains 2019 Kabupaten Pandeglang di SMK Negeri 2 Pandeglang, Kamis (26/9).

Menurut Irna, kompetisi antarsiswa SD kelas IV dan V se-Kabupaten Pandeglang yang digelar Radar Banten Group mampu menguji kecerdasan dan membentuk integritas calon pemimpin. Irna memuji gelaran lomba yang dikemas interaktif sehingga mengasah kepintaran, ketepatan, dan keberanian peserta didik. “Ini kompetisi kecerdasan integritas anak-anak kita, bagaimana mereka tampil menjadi calon pemimpin,” katanya.

Irna meyakini, peserta didik yang saat ini digodok akan menjadi pemimpin andal di Pandeglang. “Acara ini menjadi ajang menimba ilmu yang sangat luar biasa,” pujinya.

Irna berpesan, tiga juara Bintang Sains 2019 Kabupaten Pandeglang tidak sekadar mengharapkan piala bergilir bupati dan hadiah utama studi tur ke luar negeri. “Jadikan lomba sebagai ajang menjalin silaturahmi, berkompetisi, dan menjadi motivasi untuk mewujudkan mimpi besar ke depan,” pesan Irna.

Menutup sambutannya, Irna melontarkan pertanyaan kepada peserta soal cita-cita. Irna menanyakan siswa yang bercita-cita menjadi presiden. Salah satu peserta laki-laki langsung tunjuk tangan dan diajak Irna maju ke depan podium. Setelah tanya-tanya sebentar, Irna memberikan uang saku kepada peserta tersebut yang disambut tepuk tangan ratusan peserta yang berada di arena lomba.

Sementara itu, Direktur Radar Banten Mashudi menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemkab Pandeglang khususnya Bupati Irna yang mendukung dan memberikan kepercayaan kepada Radar Banten Group untuk menyelenggarakan Bintang Sains 2019. Bila kegiatan berpengaruh bagi peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Pandeglang, maka Bintang Sains akan digelar lagi tahun depan dengan lebih meriah.

“Terima kasih juga kami sampaikan kepada peserta Bintang Sains yang memiliki rasa semangat luar biasa. Ini menjadi barometer efektifnya sasaran kegiatan lomba,” ucapnya.

Mashudi berharap, peraih tiga besar Bintang Sains 2019 Kabupaten Pandeglang menjadi penerus di Kabupaten Pandeglang. “Suatu saat nanti kita harapkan akan menjadi penerus dan kebanggaan di tingkat Kabupaten Pandeglang,” katanya. Dalam waktu dekat, tiga besar juara bersama kepala sekolah dan kepala dinas akan diajak untuk mengikuti studi tur ke Malaysia dan Singapura.

Kepala Dindikbud Kabupaten Pandeglang Taufik Hidayat mengapresiasi Bintang Sains 2019 yang memotivasi siswa yang berdampak pada peningkatan mutu pendidikan. “Kegiatan ini bagus, pemenang lomba bisa siapa saja, tidak terpaku pada sarana pendidikan. Buktinya siswi dari pelosok pegunungan menjadi juara,” katanya.

Menurut Taufik, event ini menjadi parameter peningkatan mutu KBM di sekolah. Ia berjanji, ke depan akan terus berusaha membentuk siswa cerdas, berkarakter, dan berakhlak.

Dewan Pendidikan Kabupaten Pandeglang Eka Supriyatna menyarankan event Bintang Sains dapat menjadi agenda tahunan untuk mengukur kemampuan dan mental siswa. “Kegiatan seperti ini baru pertama kali dilaksanakan. Suasana lomba yang luar biasa, bukan hanya menguji kemampuan matematika dan IPA, tetapi juga mental siswa,” katanya.

Sekadar diketahui, enam besar juara Bintang Sains Pandeglang, yakni Amira Dzakiya dari SD Mathla’ul Anwar Global School (MAGS) Menes sebagai juara pertama sekaligus peraih piala bergilir Bupati Pandeglang, lalu Azka Zahram dari SD MAGS Menes menduduki posisi kedua, dan Sri Ratnasari dari SDN Sirnagalih 2 Kecamatan Mandalawangi yang meraih juara ketiga.

Sementara Reisya Carista AP dari SD MAGS Menes, Salsa Billah dari SDN Montor 2 Kecamatan Pagelaran, dan Daffa Aulia Aryza P dari SD MAGS Menes sebagai juara harapan. Selain meraih cenderamata dan piagam, keenam juara mendapatkan beasiswa dari Primagama. Khusus untuk tiga besar juara akan diberangkatkan ke luar negeri.

Selain Irna, grand final Bintang Sains kemarin juga dihadiri Kepala Dindikbud Kabupaten Pandeglang Taufik Hidayat, Dewan Pendidikan Kabupaten Pandeglang Eka Supriyatna, Presiden Direktur (Presdir) Primagama Pusat Azhar Risyad, Pimpinan Perusahaan Radar Banten Diana Yuliantini, dan Dewan Redaksi Radar Banten Widodo. (her/zai/alt/ira)