Menag Lukman Hakim Saifuddin berbincang dengan salah satu jemaah haji di halaman Masjidil Haram, Ahad (12/08) menjelang Subuh waktu Saudi. Foto: Kemenag

MAKKAH — Delegasi Amirul Hajj Indonesia yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Ahad (12/08) dini hari waktu Saudi menunaikan umrah wajib. Dari pelataran Masjidil Haram, Menag Lukman melangitkan doa agar seluruh jemaah dapat melaksanakan rukun dan wajib haji dengan sebaik-baiknya.

Kepada seluruh jemaah Indonesia yang saat ini telah berada di Makkah, saya ucapkan selamat menunaikan ibadah haji, mudah-mudahan mampu menjaga kesehatan karena puncak haji kita adalah wukuf di Arafah beberapa hari mendatang,” ungkap Menag, sebagaimana dilansir Kemenag.

Hal itu disampaikan Menag, agar seluruh jemaah dapat melaksanakan rukun dan wajib haji dengan sebaik-baiknya dan dapat kembali ke tanah air dengan sehat dan selamat.

Di sisi lain, Menag berharap agar jemaah mendoakan seluruh sanak saudara di tanah air. “Doakan pula seluruh sanak saudara di tanah air dan bangsa kita agar terus senantiasa diberkahi Allah SWT berupa kekuatan dalam menghadapi berbagai macam cobaan,” urai Menag.

Menag juga berdoa agar bangsa dan negara semakin meningkat kualitas kehidupan di masa mendatang. “Mudah-mudahan seluruh jemaah haji Indonesia mendapat kemabruran dari Allah SWT,” tandas Menag.

Menag dan seluruh delegasi Amirul Hajj mendarat di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Sabtu (11/08) sore. Menurut rencana akan berada di Tanah Suci hingga 31 Agustus 2018 mendatang. (kemenag/aas)