Menagih Janji Jokowi Angkat Tenaga Honorer

0
536 views
Joko Widodo (Ishak/Rakyat Aceh/JawaPos.com)

TENAGA Honorer mendesak status dinaikan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Wakil Ketua Komisi II DPR, Ahmad Riza Patria mengatakan sampai saat ini pemerintah dinilai belum dapat membuktikan kesejahteraan ASN seperti yang dijanjikan Presiden Joko Widodo saat kampanye pilpres.

Menurut politikus Gerindra ini hal tersebut dapat dilihat dengan belum adanya kenaikan posisi tenaga honorer menjadi ASN seperti janjinya pada saat kampanye pilpres 2014 lalu.

”Pada zaman Jokowi tenaga honorer minta janji akan mengangkat. Dan Alhamdulillah-nya selama ini tidak ada yang diangkat,” sindirnya dalam diskusi di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/2).

Dia menilai seharusnya pemerintah saat ini mengikuti sistem pemerintah sebelumnya yang menaikan status para pekerja honorer menjadi PNS setiap tahunnya. ”Pada jaman SBY bisa mengangkat honorer 400 ribu,” terangnya dilansir INDOPOS (Jawa Pos Group).

Meski demikian, ia menyadari bahwa dalam memperjelas status PNS dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Akan tetapi ia berharap pemerintah terlebih dulu menaikan status para pekerja honorer agar mendapat kepastian. ”Masyarakat kita intinya ingin jadi PNS,” ujarnya.

Dia memberikan masukan pada pemerintah untuk melakukan penyeleksian terhadap honorer yang memperhatikan bukan hanya secara fisik namun juga rasio kualitas perlu diperhatikan. (dil/yuz/JPG)