Menang 2-0 atas Ukraina, Jerman Punya Catatan Bagus

Twitter @UEFAEuro
Twitter @UEFAEuro

PRANCIS – Jerman menjadi tim pertama yang menang dengan margin dua gol di Euro 2016. Ini setelah mereka menang 2-0 atas Ukraina di Stade Pierre-Mauroy, Prancis (13/6) dini hari WIB.

Memulai laga, Jerman langsung tancap gas. Beberapa peluang manis, bahkan sudah diperoleh pada menit-menit awal ini.

Pada menit keempat contohnya, Jerman mendapat peluang emas untuk membuka keunggulan. Berawal dari pergerakan Mario Goetze dan Julian Draxler di depan yang mengancam gawang Ukraina. Sayangnya, penyelesaian Draxler masih belum mengarah ke gawang.

Akan tetapi, semenit berselang Ukraina malah hampir membuat Jerman terkejut. Yevhen Konoplyanka melepaskan tembakan dari luar kotak penalti ke arah pojok kanan atas gawang. Tapi Manuel Neuer masih sigap menepis bola.

Der Panzer akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-19. Umpan Toni Kroos dari skema tendangan bebas, disambut Shkodran Mustafi dengan sundulannya. Kiper Ukraina, Andriy Pyatov, pun tak kuasa membendung laju bola.

Ukraina balik menyerang, Pada menit ke-26, kiper Jerman, Manuel Neuer dibuat sibuk oleh para pemain Ukraina. Salah satunya melalui sundulan Yevhen Khacheridi yang memanfaatkan sepak pojok, tetapi Neuer masih gagah menyelamatkan gawangnya.

Sami Khedira hampir menggandakan keunggulan Jerman pada menit ke-29. Menerima umpan lambung dari Kroos, Khedira yang berlari menuju kotak penalti kemudian melepaskan tembakan. Tapi sepakannya itu masih mengarah ke Andriy Pyatov.

Ukraina sejatinya sukses mencetak gol pada menit ke-39. Namuun wasit Martin Atkinson menganulir gol karena Yevhen Konoplyanka berada pada posisi offside.

Skor 1-0 untuk keunggulan Jerman bertahan hingga turun minum. Babak kedua baru berjalan beberapa menit, setidaknya Jerman sudah membuat dua peluang manis.

Pertama, kala Julian Draxler melepaskan tembakan yang masih bisa ditepis Andriy Pyatov pada menit ke-48. Lalu, tiga menit berikutnya giliran Toni Kroos yang sepakannya masih tipis di atas mistar gawang Ukraina.

Pada menit ke-58, Neuer kembali menunjukkan kebolehannya. Ini setelah dia mampu menepis tendangan bebas dari Yaroslav Rakitskiy.

Empat menit berselang, Jerman balik menyerang. Tepatnya pada menit ke-62, Sami Khedira kembali mengancam. Dia melpaskan endangan dari jarak 25 meter, namun Pyatov langsung terbang dan menepisnya.

Andre Schuerrle yang masuk pada menit ke-78 menggantikan Julian Draxler nyaris menggandakan keunggulan untuk Jerman. Namun, Pyatov lagi-lagi masih sigap mengamankan bola.

Pada menit ke-87, giliran Mesut Oezil yang gagal mencetak gol. Pada laga kali ini, Pyatov tampaknya menjadi momok tersendiri bagi Jerman.

Dirasa laga akan berakhir dengan skor 1-0, Bastian Schweinsteiger sukses mencetak gol pada masa injury time. Berawal dari umpan manis Oezil, finishing apik dari Schweini menutup laga.

Hingga peluit panjang ditiupkan, skor 2-0 tak berubah. Hasil ini membuat Jerman jadi tim pertama yang meraih kemenangan dengan skor 2-0 di Euro 2016. (ies/JPG)

Susunan Pemain

Jerman: Manuel Neuer; Jonas Hector, Shkodran Mustafi, Jerome Boateng, Benedikt Howedes; Sami Khedira, Toni Kroos; Julian Draxler, Mesut Oezil, Thomas Mueller; Mario Goetze.

Ukraina: Andriy Pyatov; Vyacheslav Shevchuk, Yaroslav Rakitskiy, Yevhen Khacheridi, Artem Fedetskiy; Taras Stepanenko, Serhiy Sydorchuk; Andriy Yarmolenko, Viktor Kovalenko, Yevhen Konoplyanka; Roman Zozulya.