Prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam UIN Banten Cetak Calon Pengawas dan Kepala Sekolah Profesional

0
1676

Dalam rangka memanusiakan manusia yang manusiawi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Program Magister Pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, menampilkan diri di dunia akademik sebagai salah satu bentuk ikhtiar anak bangsa dalam bidang pendidikan. Setelah dikeluarkannya surat izin penyelenggaraan perkuliahan pada tanggal 29 April 2015, program studi MPI langsung menerima mahasiswa baru sebanyak 17 orang dan menyelenggarakan perkuliahan sejak bulan Agustus 2015. Dalam tempo dua tahun berikutnya langsung ikut proses akreditasi. Hasilnya pada akreditasi pertama tahun 2017 diperoleh nilai 269 kategori Terakreditasi C (dengan catatan saat itu belum ada alumni, karena perkuliahan baru memasuki pertengahan semester empat).

Selanjutnya pada akreditasi kedua, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN_PT) No. 8654/SK/BAN-PT/Akred/M/2021, tertanggal 26 Januari 2021 dinyatakan bahwa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pada Progam Magister Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten memenuhi syarat peringkat “Akreditasi B” dengan nilai 346. Dengan jumlah mahasiswa sebanyak 236 orang dan jumlah alumni sebanyak 95 orang per April 2021.

Kurikulum Progam Studi MPI mengacu kepada Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI) dengan bobot sks total sebanyak 42 sks. Pendistribusian sks mata kuliahnya terdiri atas: Semester pertama sebanyak 12 sks; semester kedua sebanyak 12 sks; semester ketiga sebanyak 12 sks; dan semester keempat sebanyak 6 sks. Masa studi mahasiswa Prodi MPI minimal 4 semester dan maksimal 8 semester. Staf Pengajar pada Program Studi MPI terdiri atas: satu orang bergelar Profesor dan tiga belas orang bergelar doktor.

Seorang guru profesional, dibuktikan dengan kemampuannya mendapatkan sertifikat sebagai pendidik profesioal dan sudah mendapatkan tunjangan sertifikasi guru, dalam tempo sepuluh tahun kemudian pengembangan karirnya akan menemui persimpangan jalan yakni mau berkarir sebagai Calon Pengawas Pendidikan atau mau berkarir sebagai Calon Kepala Sekolah. Kemudian seorang staf tata usaha hanya bisa menatap karir ke depan sebagai kepata tata usaha sekolah.

Dalam kondisi “dipersimpangan jalan” itu, Prodi MPI menawarkan tiga skill utama yang menjadi daya tarik dan sekaligus kompetensi khas mahasiswa MPI yakni kemampuan untuk menjadi kepala sekolah profesional, pengawas sekolah profesional, dan kepala tata usaha sekolah profesional.

  1. Mencetak Calon Kepala Sekolah/Madrasah

Seorang guru yang telah bekerja lebih dari sepuluh tahun dan telah memiiki ijazah S-1, apalagi bila sudah tersertifikasi, berhak mengikuti seleksi calon kepala sekolah. Salah satu strategi dalam mempercepat persiapan menjadi calon kepala sekolah dengan cara mengikuti perkuliahan jenjang stata 2 pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Program Studi MPI memberikan materi perkuliahan yang mengarah kepada pembentukan calon kepala sekolah profesional. Misalnya pemberian mata kuliah Pengendalian Mutu Terpadu yang dibina langsung oleh Prof. Dr. H.E. Syarifuddin, M.Pd. Kemudian dilengkapi dengan mata kuliah Kepemiminan Pendidikan yang dibina oleh Dr. H, Moh. Amin, MM. Diperkuat juga dengan mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan yang diampu oleh Dr. H. Agus Gunawan, M.Pd, Pengelola Prodi MPI juga menawarkan berbagai Model Kepemimpinan Pendidikan Islam yang dibina langsung oleh Dr. Hj. Eneng Muslihah, MM., Ph.D. Agar calon kepala sekolah mampu mempertajam analisisnya tentang upaya peningkatan kualitas pendidikan di lembaga yang dipimpinnya, diberikanlah mata kuliah Statistik Pendidikan yang dibina oleh Dr. Supardi, M.Pd., Ph.D.

2. Mencetak Calon Pengawas Sekolah/Madrasah

Mengingat formasi kebutuhan calon pengawas lebih besar dibandingkan dengan formasi calon kepala sekolah, maka ada kecenderungan bahwa karir guru profesional lebih terbuka peluangnya untuk menjadi pengawas pendidikan yang profesional. Guna memahami seluk-beluk kepengawasan atau supervisi akademik, Program Studi MPI menawarkan mata kuliah Politik dan Kebijakan Pendidikan yang dibina oleh Dr. H. Anis Fauzi, M.SI. Kemudian diperkuat dengan mata kuliah Manajemen Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits yang dibina oleh Dr. Hj. Umi Kutsum, M.Ag. Sebagai bentuk dari keseriusan pengelolaan akademik, Prodi MPI mendatangkan tenaga praktisi pengawas senior di Kota Serang yakni Dr. H. Atang Suryana, M,Pd., untuk membina mata kuliah Manajemen Supervisi Pendidian. Kemudian diperkuat dengan peneliti senior Untirta Serang yakni Dr. Naniek Afrilla Framanik, M.Si.

3. Mencetak Calon Kapala Tata Usaha Sekolah/Madrasah

Prodi MPI berusaha mencetak calon kepala tata usaha sekolah bagi para alumninya, dengan cara membekali mahasiswa dengan mata kuliah Leadership dan Budaya Organisasi Pendidikan yang dibina oleh Dr. Nana Suryapermana, M.Pd. Kemudian dilengkapi dengan mata kuliah Manajemen Perpustakan yang dibina oleh Dr. Anis Zohriah, MM. Calon kepala tata usaha sekolah itu dibekali juga dengan ilmu Sistem Informasi Manajemen Pendidikan yang diampu oleh Dr. H. Shobri, MM. Sebagai antisipasi berkembangnya kegiatan Pendidikan dan Latihan terkait dengan tata layanan perpustakaan lintas departemen, maka prodi MPI menawarkan mata kuliah Manajemen Diklat yang diampu oleh Dr. Yus’ani Kamil, M,Pd..

Prodi MPI juga berusaha mencetak tenaga pendukung tata kelola Pendidikan, seperti peneliti tindakan sekolah dan juga peneliti kebijakan pendidikan. Tema-tema tentang penelitian tindakan sekolah dan kebijakan Pendidikan menjadi fokus utama penelitian tesis mahasiswa MPI. Misalnya tema-tema tentang: optimalisasi penggunaan dana pendidikan, gaya kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru, profesionalisme tenaga tata usaha sekolah, pemberdayaan komite sekolah, pemenfaatan dana CSR, dan optimalisasi peraturan daerah tentang pendidikan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Berdasarkan hasil pengolahan data dan hasil analisis di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa perkuliahan di Progam Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Banten akan diarahkan kepada pembentukan kompetensi mahasiswa sebagai calon kepala sekolah profesional, calon pengawas sekolah profesional, dan calon kepala tata usaha sekolah professional, serta calon peneliti tindakan sekolah maupun peneliti kebijakan Pendidikan.

Anis Fauzi, Ketua Prodi MPI Pascasarjana UIN Banten Email: anis.fauzi@uinbanten.ac.id