SERANG – Terkuaknya pengusuan calon Sekda Banten oleh Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah dibalik penjara ditengarai bermuatan politis. Karena calon pengganti Muhadi (Sekda Banten) ini akan berdampak terhadap roda pemerintahan dan keterangan saksi di persidangan bila Ratu Atut Chosiyah disidangkan.

“Tiga calon sekda yang diusulkan itu menurut saya kurang bagus. Mereka memiliki catatan buruk selama menjadi pejabat. Apalagi di antara mereka ada yang pernah mendapat catatan atau temuan anggaran dari BPK,” ujar Direktur Eksekutif Aliansi Lembaga Independen Peduli Publik (Alipp) Suhada kepada radarbanten.com, Senin (5/5/2014).

Seperti diketahui, diam-diam Atut mengirimkan tiga calon sekda ke Mendagri yakni Kadis Dinas Pendapatan dan Keuangan Aset Daerah, Zaenal Mutaqin. Kemudian Kepala Dinas Pendidikan Hudaya Latuconsina, dan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Opar Sochari.

Dijelaskan, para pejabat yang memroses dan mengusulkan tiga nama calon sekda itu tak memiliki etika dalam roda pemerintahan. Untuk itu ia berharap agar Mendagri menolak usulan calon sekda tersebut. (ADE JAHRAN)